Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Sidoarjo > Kilas Peristiwa
Focus Group Discusssion ”Digital Journalism Toward Excellent Information”
Sumarni
Senin, 26 Agustus 2019   |   167 kali

Batu – Hari Kamis tanggal 22 Agustus 2019 KPKNL Sidoarjo mengikuti Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Bidang KIHI Tahun 2019, dengan tema ”Digital Journalism Toward Excellent Information” yang diselenggarakan oleh Kanwil DJKN Jawa Timur di Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kota Batu.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Irwan Mardianto Kepala Bidang KIHI Kanwil DJKN Jawa Timur, yang mendatangkan narasumber dari TVRI Surabaya Emilia Baharessa, S.Sos,MM. Acara tersebut diikuti oleh pegawai di Seksi HI dan Seksi KI pada KPKNL di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Timur. Selanjutnya Emilia Baharessa, S.Sos,MM  berbagi pengalaman beliau pernah bekerja di TVRI Maluku, TVRI Jawa Timur dan juga Pengajar di sekolah brodcasting.  Beliau berbagi  terkait bagaimana teknik pembawa acara televisi/ presenter, mengenal jurnalistik, jenis-jenis berita dan vidiografi.

 

Menurut Emilia Baharessa Teknik Penulisan Berita yang baik dan benar sesuai kaidah Jurnalistik 5W1H  yaitu : Who (siapa/Pelaku/subyek), What (Apa/peristiwa), Where (Tempat/dimana terjadinya), When (Waktu/Kapan), Why (Kenapa/latar belakang peristiwa/tujuannya), How (Bagaimana ceritanya/detail peristiwa). Keenam unsur berita tersebut kemudian disusun dengan mengedepankan unsur terpenting dalam peristiwa.

 

Selain itu beliau juga membagikan beberapa hal menarik dalam menjadi presenter atau reporter, yaitu perasaan (feeling), pengalaman (experience) dan pendapat (opinion) ketiga hal tersebut menarik bagi masyarakat dan sering ditanyakan. Yang harus diperhatikan oleh seorang presenter harus mampu memenuhi harapan khalayak, kekuatan seorang presenter ada pada membawa Ideologi, menanyakan yang paling kritis yang ingin diketahui khalayak sehingga seorang presenter harus menguasai materi, harus cool, teduh dan membangkitkan inspirasi dan motivasi. (teks: tim HI KPKNL Sidoarjo)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini