Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
PEMBUKAAN RAKERNAS DJKN - 2021
Retno Sri Astuti
Selasa, 31 Agustus 2021   |   256 kali

Sidoarjo 30/8/2021 -       Rakernas DJKN merupakan kegiatan tahunan yang dihadiri oleh Pejabat Pimpinan Tinggi  Madya, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, dan Pejabat Fungsional di lingkungan DJKN yang bertujuan untuk membahas isu-isu strategis di DJKN. Rakernas DJKN Tahun 2021 akan mengusung tema “Inovasi DJKN dalam rangka Optimalisasi Pengelolaan Kekayaan Negara, Penilaian, dan Lelang dalam Mendukung Penerimaan Negara”. Rakernas DJKN-2021 diselenggarakan secara daring seperti tahun 2020 lalu karena kondisi Negara yang masih belum bebas pandemi

Pembukaan Rakernas diawali dengan doa bersama dilanjutkan dengan arahan oleh Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, dalam arahannya Ibu Menteri menyampaikan agar tetap menjaga kesehatan supaya tetap berkinerja serta bisa berpartisipasi dalam Rakernas DJKN-2021 ini. Menurut beliau tema dari Rakernas ini sangat penting dan sangat relevan ditengah situasi ekonomi dan keuangan saat ini, disaat negara dalam situasi yang belum normal karena pandemik tentu sangat mempengaruhi kehidupan bangsa dan negara, kita telah melakukan penyesuaian langkah langkah dengan suatu tantangan yang harus dihadapi saat ini, diantara salah satu instrumen yg sangat penting dalam menghadapi covid  yang mempengaruhi kehidupan masyarakat baik ekonomi, sosial dan kesehatan  adalah keuangan Negara. Pengelolaan keuangan Negara digunakan secara betul betul dan dinamis, responsif dan terus melakukan adjustment. 

DJKN harus terus melakukann inovasi bagaimana kekayaan negara dapat dimanfaatkan, dioptimalkan  apalagi di tengan tekanan keuangan negara akibat pandemic ini .salah satu yg diharapkan adalah dari bagaimanan kita mengelola kekayaan negara, dimana kekayan negara merupakan bagian  dari keuangan negara. BMN dikelola dengan kreatif dan inofatif sehingga apa yang diperoleh dan dicapai dapat memberikan manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat dan rakyat, sehingga masyarakat tahu uang negara atau pajak yang dipungut diperuntukkan untuk apa. DJKN harus menjadi asset manager handal bukan secara birokrasi yang hanya membukukan dan menyajikan laporan, berfikir mengelola asset bagaimana agar asset terupdate terus meningkat, harus memiliki manfaat sesuai investasi yang dikeluarkan. DJKN harus memiliki templete yang berbeda- dalam mengelola kekayaan Negara, yang konsisten, tata kelola yang konsisten,yang produktif dan manfaat.

Ibu Menteri juga mengapresiasi adanya program-program yang dilakukan DJKN seperti pemberian cash program untuk memberikan keringanan hutang sehingga ada manfaat yang drasakan oleh masyarakat dan membantu masyarakat meringankan beban hutang ditengah kondisi pandemi ini. Inovasi lelang UMKM juga sangat baik, memberikan pengenalan pada masyarakat mekanisme pasar melalui lelang sehingga produk UMKN masyarakat meningkat melalui penjualan secara lelang.Pesan Ibu Menteri agar kita jangan pernah lelah dan mengeluh dengan adanya tantangan, tantangan harus dijadikan motivasi, membakar semangat untuk lebih kreatif, produktif dan inovatif, bersifikir bagaimana agar asset berguna dan bermanfaat yang sebesar besarnya bagi masyarakat, dan “ jangan pernah lelah mencintai Negeri Ini “.demikian pesan Ibu Menteri.

Sambutan Dirjen Kekayaan Negara, Rionald Silaban menyampaikan terima kasih atas arahan arahan dari Ibu Menteri yang akan dijadikan panduan untuk menyusun strategi dalam menyongsong tantangan kerja kedepannya dan akan terus berkinerja lebih baik demi memberikan kontribusi optimlal dalam bidang pengelolaan kekayaan negara sehingga masyarakat dapat merasakan dampak pengelolaan negara bukan hanya sebagai penggalian dari pengelolaan  kebijakkan APBNataupun hanya sekedar pemenuhan IKU semata, namun sebagai statregi nasional yang dapat mensejahterakan rakyat. Kepada seluruh jajaran DJKN mari kita rapatkan barisan samakan langkah dan satukan tujuan menjadikan DJKN bagian dari Kementerian Keuangan yang adaptif dan inovatif. Selamat mengikuti Rakernas kepada seluruh jajaran DJKN, demikian sambutan dari  Dirjen Kekayaan Negara.

 

Rakernas DJKN 2021dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus s/d 1 September 2021, yang sudah diawali dengan kegiatan PraRakernas yang telah diselenggarakan mulai tanggal 13 sampai dengan 20 Agustus 2021 berupa knowledge sharing dan rapat rapat komisi.

#WargaKaeN, mari kita sukseskan Rakernas DJKN 2021.

 

(By.onter/tim hukum)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini