Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Focus Group Discussion (FGD) Pejabat Administrator KPKNL Sidoarjo Periode Triwulan I Tahun 2021
Retno Sri Astuti
Kamis, 25 Februari 2021   |   170 kali

Sidoarjo - KPKNL Sidoarjo melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Pejabat Administrator KPKNL Sidoarjo Triwulan I Tahun 2021 dengan Tema Pemulihan Ekonomi berlanjut, Kebijakkan Fiskal tetap diperkuat. Dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Keuangan Nomor SE- 3/MK.1/2021 guna menyelaraskan pemahaman/persepsi pegawai Kementerian Keuangan terhadap arahan dan/atau kebijakan yang disampaikan pimpinan. FGD dilaksanakan secara virtual melalui media Aplikasi Zoom Meeting diikuti oleh seluruh pegawai KPKNL Sidoarjo.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pandemi virus Covid-19 telah menyebar di seluruh dunia sehingga memberikan efek global. Dunia merespon dengan mengeluarkan berbagai kebijakan non- konvensional untuk penyelamatan jiwa dan ekonomi.

Kepala KPKNL Sidoarjo, Agung Budi Setijadji selaku Pejabat Administrator Kementerian Keuangan bertidak sebagai pemapar materi, dalam pemaparannya, Agung menjelaskan dampak Covid-19 menyebapkan gangguan pada ekonomi global, gangguan kesehatan dan korban jiwa, kondisi sosial ekonomi dan dunia usaha, meningkatnya kemiskinan dan pengangguran yang signifikan, produksi dan perdagangan menurun tajam. Tekanan ekonomi Indonesia salah satu yang paling moderat, daya tahan ekonomi Indonesia didukung berbagai kebijakan cepat, terukur dan extraordinary. Pengambilan langkah cepat dan terukur untuk menanggulangi dampak pandemi dan mendorong pemulihan ekonomi dengan langkah; Signaling: karena pandemi Covid-19 memberikan disrupsi yang luar biasa pada berbagai aspek kehidupan,kesehatan,sosial,ekonomi dan keuangan. Leadership direspon dengan cepat dengan exraordinary policy, dengan menerbitkan  Perppu No.1/2020.UU No.2/2020 dan fleksibelitas APBN. Action : dengan melakukan perubahan APBN dan penyediaan stimulus untuk dapat mengatasi Covid-19 dan pemulihan ekonomi dengan penyaluran program PEN disertai langkah simultan perluasan stimulus dan penguatan program agar lebih simple dan implementatif. Pemerintah membangun sinergi antar institusi dan seluruh elemen bangsa.

Selanjutnya Agung juga memaparkan penguatan langkah penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi 2021 dengan berbagai kebijakan  prioritas akan terus berlanjut dengan pemberian vaknisasi massal, penguatan 3 M dan 3 T, penguatan program PEN. Indonesia optimis meski tetap waspada, pandemi dapat dikendalikan dan aktivitas sosial ekonomi terus berangsur pulih. Kita semua harus optimis, awal tahun 2021 ini akan  menjadi sebuah titik balik permasalahan pandemi.

Kepala kantor berpesan agar kita tetap melaksanakan tugas dan adaptif dengan kondisi new normal, semoga dapat memberikan peran kita masing-masing ke arah yang lebih baik.

 

(by,onter/tim HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini