Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
MENUJU SUKSES PROFILING PEGAWAI DAN SOSIALISASI APLIKASI NADIN
Rahayu Kusuma Rini
Rabu, 12 Februari 2020   |   345 kali

Diiringi awan mendung tak menyurutkan semangat tim Kanwil DJKN Jawa Timur untuk menyampaikan  sosialisasi profiling pegawai dan apliksi nadine kepada seluruh pegawai KPKNL Sidoarjo. Kegiatan dilaksanakan  pada hari Rabu tanggal  12 Pebruari 2020  bertempat di ruang rapat  KPKNL Sidoarjo Jalan Erlangga 161 Sidoarjo. Mengawali acara Agung Budi Setijadji, Kepala KPKNL Sidoarjo  mengajak seluruh pegawai untuk memepersiapkan diri menjelang akan dilaksanakannya profiling pegawai dan menerapkan aplikasi nadin dalam pelaksanaaan tugas sehari hari . Beliau juga berharap agar Kanwil DJKN Jawa Timur menjembatani jika ada kendala yang dihadapi terkait implementasi aplikasi tersebut dimana kendala itu bisa terjadi karena kurang pengetahuan pegawai atau aplikasinya yang perlu di update.

Selanjutnya Evisari Eresti Melani, Kasubbag Kepegawaian menyampaikan pemaparan tentang program profiling pegawai yang akan dilaksanakan kantor pusat DJKN. yang menjadi latar belakang profiling pegawai diantaranya adalah aspirasi pelaksana yang  menjadi salah satu pertimbangan dalam pola mutasi regularCatatan Bagian Kepegawaian yang ada masih terbatas dan belum dapat memberikan gambaran yang lengkap terkait kondisi pegawai termasuk minat (passion) pegawai, Data terekam dalam aplikasi kepegawaian (HRIS, SIMPEG, dan SIPRITA) belum mencerminkan kondisi eksternal dari seorang pegawai yang dapat berpengaruh besar terhadap motivasi dan semangat kerja seorang pegawai serta arahan Direktur Jenderal untuk menyusun profil dan database pegawai yang mampu memberikan gambaran pegawai yang komprehensif. Karena itu profiling diadakan terhadap pejabat administrator, pejabat pengawas, pejabat fungsional dan seluruh pelaksana untuk menggali informasi lain di luar data kepegawaian yang  berpengaruh terhadap motivasi dan kinerja para pegawai, menyusun database pegawai DJKN yang tidak ter-capture aplikasi  kepegawaian yang sudah ada serta memetakan aspirasi pegawai dikaitkan dengan tujuan-tujuan organisasi, sehingga kebijakan kepegawaian tidak kontra produktif dengan tujuan organisasi. Metode yang digunakan yaitu wawancara melalui video conference, surat pimpinan unit vertikal serta informasi informasi atas pegawai dari sumber lain. Sedangkan data profiling yang akan digali meliputi data keluarga, data kesehatan, data finansia, persepsi terhadap kota penugasan saat ini dan  persepsi kebijakan mutasi pada pegawai.

Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi aplikasi nadin terkait tata persuratan yang diharapkan mempermudah pelaksanaan tugas. Dengan Nadin yang harus didukung browser chrome atau mozilla ini akan mendukung efisiensi dengan  penurunan pemakaian kertas dan  penurunan biaya pengiriman surat  mengingat paperless dan naskah terkirim online serta percepatan penyelesaian tugas sehingga harus didukung dengan jaringan internet yang stabil. Dalam sosialisasi ini sekaligus dilakukan praktek langsung pembuatan naskah dinas sehingga para pegawai dan atasan lebih memahami langkah langkahnya. Dari pihak pimpinan juga tetap dapat memantau naskah dinas dan mendisposisinya demikain pula bawahan tetap dapat menyelesaikan disposisi atasan sekalipun sedang tidak berada di kantor karena ada penugasan lain.

Hukum dan Infomasi KPKNL Sidoarjo

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini