Sidoarjo (25/10) Pagi yang cerah saat Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Sidoarjo
meyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Lelang Online Melalui www.lelang.go.id untuk para pengguna jasa layanan lelang pada hari Kamis tanggal
24 Oktober 2019 bertempat di aula lantai 3 KPKNL Sidoarjo. Antusiasme yang
tinggi tampak dari kehadiran para undangan yang berasal dari pihak perbankan,
balai lelang dan sejumlah satuan kerja dalam wilayah kerja KPKNL Sidoarjo. Kegiatan dimaksudkan untuk merespon kebutuhan
pengguna layanan lelang dengan lebih mengenalkan lagi lelang online melalui
lelang.go.id yang selama ini telah terselenggara oleh KPKNL Sidoarjo
Mengawali acara Slamet Santoso, Kepala Seksi Kepatuhan Internal mewakili kepala kantor yang berhalangan hadir menyampaikan
ucapan selamat datang dan terima kasih kepada
seluruh hadirin atas kerjasama yang telah terjalin selama ini. KPKNL Sidoarjo
siap memberikan layanan yang terbaik dengan sepenuh hati, salah satunya adalah
penyelenggaraan lelang online. Beliau tegaskan bahwa seluruh layanan KPKNL
Sidoarjo termasuk layanan lelang dilakukan di Area Pelayanan Terpadu (APT) dan
sekali lagi diingatkan agar tidak memberikan imbalan apapun/gratifikasi atas layanan yang diberikan.
Selanjutnya Yoyok Martiunus Susanto, Kepala Seksi Pelayanan Lelang setelah memperkenalkan seluruh Pelelang abat
Lelang, memaparkan bahwa Sosialisasi ini diselenggarakan sebagai respon atas
kebutuhan pengguna jasa lelang dan sebagai bentuk edukasi ke pengguna layanan
lelang untuk mempermudah pengajuan permohonan lelang secara online. KPKNL
Sidoarjo berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa lelang baik
lelang eksekusi maupun lelang non eksekusi, salah satunya dengan permohonan lelang online yang nantinya akan
mempermudah para pemohon lelang. Pengajukan permohonan lelang diterima di Area
Pelayanan Terpadu, setelah diverifikasi petugas dan dokumen persyaratan lelang
lengkap maka akan diberikan kode billing untuk digunakan pembayaran PNBP permohonan
lelang dan akan diterbitkan penetapan jadwal lelang maksimal dua hari berikutnya.
Acara dilanjutkan dengan pemutaran video tentang tata cara pelaksanaan lelang online melalui www.lelang.go.id dan sesi tanya jawab. Pada kesempatan ini banyak pertanyaan peserta yang disampaikan misalkan terkait permohonan lelang online diantaranya terkait appraisal agunan oleh bank, pengantar pengurusan SKPT, pembatalan lelang oleh pemohon lelang, penguasaan fisik atas obyek lelang dan lain sebagainya serta semuanya dijawab dengan tuntas oleh para Pelelang. Pengguna jasa layanan lelang yang hadir tampak antusias dengan menyampaikan pertanyaan dan kendala yang dihadapi. Pengguna jasa lelang dihimbau agar jika ada permasalahan atau kendala ada yang perlu disampaikan agar segera menghubungi KPKNL Sidoarjo atau menghubungi call center DJKN 1500-999. Di akhir acara para peserta dimohon mengisi angket terkait layanan lelang untuk peningkatan layanan yang diberikan KPKNL Sidoarjo dengan harapan dapat mewujudkan misi DJKN di bidang lelang yaitu mewujudkan lelang yang efisien, transparan, akuntabel , adil dan kompetitif sebagai instrumen jual beli yang mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat. (Teks/Foto : Tim HI KPKNL Sidoarjo)