Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Gebyar Lelang Produk UMKM 2022, Pulih dan Bangkit Bersama Lelang Indonesia
Wan Muhammad Taffy Javier
Senin, 28 Maret 2022   |   401 kali

Padangsidimpuan (Kamis, 24/3), Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan Republik Indonesia serta unit vertikalnya di seluruh Indonesia yakni Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) secara serentak menggelar lelang produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Acara Gebyar Lelang UMKM 2022 ini adalah puncak dari kegiatan perayaan Lelang Indonesia yang ke 114 Tahun. Gebyar Lelang UMKM 2022 ini memiliki slogan Pulih dan Bangkit Bersama Lelang Indonesia serta sejalan dengan Kegiatan Presidensi G20 yaitu Dengan Semangat 114 Tahun Lelang di Indonesia, mari kita bersama dorong pemulihan dan penguatan ekonomi Indonesia. 

Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Rionald Silaban, menyebutkan bahwa portal website Lelang Indonesia di lelang.go.id adalah salah satu manifestasi visi dan misi DJKN yaitu layanan one stop service yang berbasiskan teknologi informasi. Portal Lelang ini sudah sejalan dengan Presidensi G20 yaitu mendorong produktivitas, mendukung ekonomi, keuangan inklusif dan meningkatkan akses serta mengoptimalkan jangkauan pemasaran produk UMKM melalui pemanfaatan teknologi. Rionald juga kembali menyampaikan bahwa Lelang UMKM ini dilaksanakan sebagai arahan Presiden RI yaitu seluruh elemen pemerintahan termasuk DJKN yang berada dibawah Kementerian Keuangan RI harus ikut berkontribusi untuk melaksanakan program pemberdayaan UMKM. Rionald juga berharap dengan acara Gebyar Lelang UMKM 2022 ini, seluruh masyarakat khususnya Insan Lelang Indonesia dapat menambah wawasan mengenai lelang dan mendukung kinerja layanan lelang serta membantu pelaku UMKM untuk pulih dan bangkit dari dampak Pandemi Covid-19. 

KPKNL Padangsidimpuan sendiri menggelar acara Gebyar Lelang Produk UMKM 2022 di Ruang Flexible Working Space yang dilaksanakan secara online melalui media Zoom Meeting. Lelang Produk UMKM ini termasuk dalam jenis Lelang Sukarela baik dengan metode adanya uang jaminan lelang maupun tanpa uang jaminan lelang yang tujuannya untuk mempermudah dan menarik minat masyarakat untuk mengikuti dan menawar lelang produk UMKM ini. 

Pelaksanaan Acara Gebyar Lelang Produk UMKM Tahun 2022 di KPKNL Padangsidimpuan ini dipimpin oleh Fungsional Pelelang Ahli Muda, Hendrik Parlindungan, dan Fungsional Pelelang Ahli Pertama, Hasintongan Pardede, serta lelang ini diikuti oleh 5 Pelaku UMKM di wilayah kerja KPKNL Padangsidimpuan yaitu dari Gitar Bonapasogit dengan produknya Gitar, Tenun Resty Sipirok dengan produknya bahan pakaian tenun, Industri Kecil Menengah (IKM) Devi Akrilik dengan produknya berupa bunga akrilik, Industri Kecil Menengah (IKM) Maju Bersama dengan produknya Gula Injit dan Dodol Sipirok (Tua Pardomuan) dengan produknya adalah Dodol Khas Daerah Sipirok. Seluruh obyek lelang tersebut di lelang dengan cara penawaran closed bidding. Ada 15 Lot Produk UMKM yang dilelang dan lebih dari setengahnya laku terjual dengan nilai lelang yang terbentuk jauh diatas dari nilai limit yang ditentukan. 

114 Tahun Lelang, Pulih dan Bangkit bersama Lelang Indonesia

(Seksi Hukum dan Informasi)  
Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini