Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Padangsidimpuan mengadakan FGD Triwulan I Tahun 2021: Kemenkeu Giat, Rakyat Sehat, Ekonomi Kuat
Ayu S Theresia Sitorus
Senin, 22 Februari 2021   |   225 kali

Padangsidimpuan (18/2), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Padangsidimpuan melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Triwulan I Tahun 2021. FGD ini dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran Menteri Keuangan Nomor SE-3/MK/2020 mengenai Pelaksanaan Focus Grup Discussion di Lingkungan Kementerian Keuangan, bahwa setiap pegawai di Kementerian Keuangan dihimbau untuk melaksanakan FGD setiap triwulan. Tujuan dilakukannya FGD ini adalah sebagai sarana komunikasi internal efektif antar pimpinan dan pegawai, penyampaian informasi/arahan pimpinan terbaru, menjaga keseragaman pemahaman atas suatu informasi/arahan pimpinan, dan meningkatkan, memperkuat keterlibatan dan movitasi pegawai dalam mencapai tujuan organisasi.

FGD ini diselenggarakan oleh Seksi Kepatuhan Internal KPKNL Padangsidimpuan yang dihadiri oleh seluruh Kepala Seksi/Subbagian, Fungsional, Pelaksana dan Mahasiswa Praktik Kerja Lapangan PKN STAN. FGD  dilakukan  secara tatap muka di Ruang Aula KPKNL Padangsidimpuan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak.

Kegiatan FGD dipimpin oleh Haryanto selaku Kepala KPKNL Padangsidimpuan dan dibuka oleh Pelaksana Seksi Kepatuhan Internal, Silvi Rahmayenti, yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan FGD merupakan amanat dari Biro SDM-Setjen Kemenkeu yang mewajibkan seluruh Pejabat Administrator (Eselon III) untuk menyelenggarakan FGD setiap triwulan. FGD ini merupakan sarana penilaian untuk mengukur keaktifan Pejabat Administrator dalam melakukan komunikasi internal kepada pegawai dalam lingkup organisasi yang dipimpinnya termasuk mengukur mengenai feedback peserta terhadap kegiatan yang dilaksanakan. Adapun materi FGD disiapkan oleh Biro SDM-Setjen Kemenkeu dan ditetapkan keseragaman untuk seluruh lingkup Kementerian keuangan.

Kemudian acara dilanjutkan untuk membahas materi FGD yang mengangkat tema yaitu Pemulihan Ekonomi Berlanjut, Kebijakan Fiskal Tetap Diperkuat. Materi yang disampaikan oleh Haryanto adalah mengenai Perkembangan Pandemi Covid-19 dan Perekonomian, Pelaksanaan APBN dan PEN Tahun 2020 dan 2021.  Reformasi Struktural untuk daya saing dan investasi. Selain materi pembahasan diatas, Haryanto juga menyampaikan tentang usulan pemanfaatan tanah milik KPKNL Padangsidimpuan yang dapat disewakan kepada UMKM guna meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar serta mendukung pemulihan ekonomi khususnya di daerah sekitar Kota Padangsidimpuan. Kemudian Haryanto juga menyampaikan bahwa pada tahun 2021 pemulihan ekonomi akan menguat dengan berbagai kebijakan prioritas akan terus berlanjut yaitu vaksinasi massal, penguatan 3M dan 3T, serta penguatan Program PEN. Pandemi Covid-19 telah memberikan tekanan besar bagi perekonomian tapi kita bisa selalu belajar dari setiap krisis dan meneruskan reformasi.

Setelah seluruh materi disampaikan, Haryanto memberikan kesempatan kepada para peserta untuk melakukan diskusi maupun tanya jawab. Kegiatan diskusi dan tanya jawab berjalan dengan baik melihat banyak pertanyaan yang disampaikan. Setelah seluruh kegiatan FGD  dilaksanakan, acara diakhiri dengan pemberian feedback oleh seluruh peserta melalui laman forms.kemenkeu.go.id yang menandakan bahwa sudah mengikuti FGD serta memberikan masukan serta kritik terhadap FGD baik yang sudah dilakukan maupun untuk FGD berikutnya. (Teks/Foto: KPKNL Padangsidimpuan).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini