Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Gerai Layanan Virtual KPKNL Padangsidimpuan: Selangkah Lebih Dekat Kepada Masyarakat
Ayu S Theresia Sitorus
Selasa, 17 November 2020   |   170 kali

Padangsidimpuan, 12/11,Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Padangsidimpuan menyelenggarakan kegiatan Gerai Layanan Virtual (GLV) sebagai media komunikasi dengan para pengguna layanannya. Kegiatan GLV ini dilakukan dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Direktorat Jenderal Kekayaan Negara yang ke-14. Acara GLV ini serentak dilakukan oleh seluruh kantor unit vertikal DJKN di Indonesia. Acara dibuka oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Isa Rachmatarwata. 

Dalam pembukaan, Isa menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini diselenggarakan adalah sebagai sarana penunjang untuk memudahkan setiap unit kerja dalam berkolaborasi dan melakukan komunikasi secara Virtual. Menurut Isa, GLV ini sejalan dengan program digitalisasi yang sedang dijalankan oleh DJKN yaitu proses bisnis yang berjalan berupa kegiatan layanan komunikasi perlahan akan mulai dialihkan penyelenggarannya secara digital dalam proses, inovatif dalam berpikir, dan militan dalam impelementasi sebagai contoh layanan lelang dan piutang negara dimana kehadiran pemohon lelang dan penyampaian surat paksa yang sudah dilakukan secara virtual. 

Pada akhir sambutannya, Isa berpesan kepada seluruh jajarannya agar tidak merasa cepat puas atas capaian yang sudah diperoleh selama ini dan menyampaikan kepada setiap Kepala KPKNL agar segera merespon masukan yang disampaikan dalam GLV dengan melakukan perbaikan layanan namun tetap dalam batasan koridor yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan, serta DJKN dinamis dan responsif dalam menyikapi setiap perubahan yang terjadi. Setelah Dirjen KN menyampaikan sambutannya, acara dilanjutkan dengan GLV pada masing - masing KPKNL dengan para pengguna layanannya. 

Acara Gerai Layanan Virtual yang dilakukan oleh KPKNL Padangsidimpuan dibawakan oleh Silvi Rahmayenti Hasibuan, pelaksana pada seksi Kepatuhan Internal, dan kemudian Silvi memutarkan video profil KPKNL Padangsidimpuan untuk mengetahui mengenai profil KPKNL Padangisidmpuan. Selanjutnya acara dibuka dengan kata sambutan dari Kepala KPKNL Padangsidimpuan, Haryanto, yang dalam sambutannya Haryanto menyapa para hadirin zoom meeting GLV yaitu pengguna jasa layanan KPKNL Padangsidimpuan, pengawas dari kantor pusat DJKN serta para pegawai di KPKNL Padangsidimpuan. Haryanto menjelaskan bahwa tujuan dibukanya acara GLV ini untuk memberikan informasi tentang layanan di DJKN khususnya prosedur terkait layanan pengelolaan kekayaan negara, layanan penilaian, layanan lelang dan pengurusan piutang negara. Kegiatan ini juga sebagai respon atas keadaan bencana pandemi covid-19 yang masih terjadi sehingga harus adaptif dalam menyikapi perubahan-perubahan yang terjadi. Oleh karena itu, untuk menghindari kegiatan layanan tatap muka seperti diskusi, konsultasi dan lain sebagainya digantikan secara virtual. Pada akhir sambutannya, Haryanto berharap dengan dilakukan kegiatan ini secara virtual tidak mengurangi esensi dari knowlegde sharing dan informasi layanan yang pada kebiasaan normalnya adalah secara tatap muka.

Acara selanjutnya adalah presentasi ataupun pemutaran video terkait dengan layanan unggulan dari KPKNL Padangsidimpuan. Adapun penyampaian dimulai dengan Layanan Pengelolaan Kekayaan Negara yang dibawakan oleh Dian Setiawan, pelaksana di Seksi Pelayanan Pengelolaan Kekayaan Negara, dilanjutkan dengan Layanan Penilaian yang dibawakan oleh Yunaldi Idris, Kepala Seksi Pelayanan Penilaian, kemudian dilanjutkan oleh pemutaran video dari Seksi Pengurusan Piutang Negara yang dibawakan oleh Yogi Effendi Barimbing, Pelaksana dari Seksi Pengurusan Piutang Negara, dan diakhiri oleh Hamas Palestin, pelaksana Seksi Pelayanan Lelang, yang membawakan edukasi mengenai permohonan lelang secara Online.

Pada kesempatan ini juga Pengawas dari Kantor Pusat DJKN, Purnama Sianturi selaku Direktur Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sistem Informasi (PKNSI), melakukan kunjungan pada acara Gerai Layanan Virtual KPKNL Padangsidimpuan. Purnama menyapa seluruh peserta zoom meeting dan melakukan interaksi dengan para pengguna jasa layanan KPKNL Padangsidimpuan serta menanyakan mengenai bagaimana selama ini pelayanan yang diberikan oleh KPKNL Padangsidimpuan kepada para pengguna jasa baik itu satuan kerja maupun para stakeholder lainnya. Sebelum meninggalkan zoom meeting GLV, Purnama juga mengapresiasi KPKNL Padangsidimpuan atas layanan yang selama ini diberikan kepada para pengguna jasa yaitu cepat dan tanggap dalam memberikan layanan respon dari para pengguna jasa dan berharap agar KPKNL Padangsidimpuan tidak henti-hentinya memberikan layanan yang lebih baik lagi ke depannya. dan acara Gerai Layanan Virtual diakhiri dengan pertunjukan nyanyi yang dibawakan oleh jayadi pelaksana pada Subbagian Umum serta pemberian kuis berhadiah kepada seluruh steakholder. Pada acara kuis ini para pengguna jasa sebagai peserta sangat antusias dalam menjawab setiap pertanyaan yang diberikan oleh pembawa acara. (Teks/Foto: Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Padangsidimpuan

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini