Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Transformasi Kelembagaan: Perubahan Adalah Warna
Andika Putra Bharata
Jum'at, 12 Juni 2020   |   243 kali

                Padangsidimpuan, Selasa (9/6) Kantor Pelayaan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Padangsidimpuan melaksanakan Webinar Sosialisasi Peningkatan Kompetensi Sosial Kultural Pegawai. Webinar ini dilaksanakan secara virtual dengan memakai aplikasi zoom meeting dengan dihadiri oleh seluruh Pegawai KPKNL Padangsidimpuan. Narasumber dari acara ini adalah Kepala Bidang Pelayanan Kekayaan Negara Kantor Wilayah DJKN Sumatera Utara, Maulina Fahmilita sebagai Koordinator Change Agent and Lighthouse Team Kantor Wilayah DJKN Sumatera Utara.

Webinar ini adalah salah satu program dari Duta Transformasi Kanwil DJKN Sumut yang mempunyai harapan untuk dapat melakukan perubahan di organisasi seperti melakukan penyesuaian diri terhadap situasi dan kondisi pekerjaan, mengubah mindset dalam bekerja dengan tetap berintegritas, mandiri dan berorientasi pada output dan lain lain yang sifatnya mengubah kelembagaan menjadi lebih baik. Setiap Pegawai Kementerian Keuangan dituntut mampu untuk melakukan sosial kultural kepada masyarakat pada umumnya dan dilingkungan organisasi pada Kementerian Keuangan.  

Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Keuangan juga memiliki latar belakang yang sangat beragam sehingga setiap ASN memerlukan kompetensi dalam bidang sosial kultural karena selain berasal dari latar belakang yang berbeda, ASN Kemenkeu dalam melaksanakan tugas dan fungsinya juga sangat berhubungan erat dengan interaksi sosial yang penuh dengan keberagaman sehingga dibutuhkan pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang terkait dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk. ASN Kementerian Keuangan sangat diharapkan menjadi agen perekat bangsa dan menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam mempersatukan masyarakat.

Setidaknya ada 5 faktor yang dibahas dalam penguatan kompetensi sosial kultural ini yaitu kebijakan nasional sebagai landasan ASN Kementerian Keuangan melakukan tugas dan fungsinya, jenis-jenis kompetensi sosial-kultural yang harus dikuasai oleh ASN Kemenkeu yang terdiri dari 12 kompetensi, bagaimana tingkatan atau level profisiensi dan standar kompetensi jabatan, apa saja yang menjadi standar kompetensi jabatan, bagaimana pengelolaan kompetensi sosial-kultural, dan terakhir adalah tantangan dan tindak lanjut apabila sudah tercapai seluruh kompetensi tersebut.

Pada akhir materi, Maulina sangat mengapresiasi KPKNL Padangsidimpuan yang sudah ikut antusias dalam mengikuti acara dan harapannya setiap pegawai KPKNL Padangsidimpuan dapat menjadi agent perubahan kelembagaan terkhusus di kantor sendiri. Sebelum mengakhiri kegiatan, Maulina memberikan tugas kepada seluruh pegawai KPKNL Padangsidimpuan dalam dua minggu setelah acara ini untuk membuat essai mengenai perubahan sosial kultural yang dialami oleh pegawai selama di KPKNL Padangsidimpuan mengingat kebanyakan pegawai KPKNL Padangsidimpuan berasal dari latar belakang yang sangat beragam, tetapi berbedaan latarbelakang tersebut  membuat KPKNL Padangsidimpuan lebih berwarna   

(Teks/Foto: KPKNL Padangsidimpuan).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini