Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Padangsidimpuan selenggarakan Sharing Knowledge Pengelolaan Arsip Dinamis
Ayu S Theresia Sitorus
Kamis, 31 Oktober 2019   |   170 kali

Padangsidimpuan – Senin (28/10), Subbagian umum Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Padangsidimpuan melaksanakan sharing knowledge di Ruang Rapat KPKNL Padangsidimpuan. Acara dibuka oleh Kepala KPKNL Padangsidimpuan, Haryanto dan dihadiri oleh seluruh pegawai. Beliau menyampaikan agar kegiatan sharing knowledge ini dapat dijadikan sebagai kegiatan untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman diantara seluruh pegawai.

Narasumber sharing knowledge disampaikan oleh Efraim Prananta dan Aqli Havin Hanuri, Pelaksana Subbagian Umum. Efraim dan Havin menyampaikan materi mengenai Pengelolaan Kearsipan sebagai implementasi Peraturan Menteri Keuangan No. 276/PMK.01/2014 tentang Pedoman Kearsipan di Lingkungan Kementerian Keuangan sebagai hasil Bimbingan teknis Pengelolaan Kearsipan bagi unit vertikal di wilayah Kanwil  DJKN Sumatera Utara yang dilaksanakan di KPKNL Pematangsiantar.

Materi yang diberikan oleh Havin adalah mengenai definisi arsip baik arsip dalam arti sempit maupun luas, arsip aktif dan inaktif, lalu bagaimana pengelolaan arsip statis dan dinamis. Selanjutnya havin menjelaskan tentang pengertian dan cara pemberkasan arsip aktif dan inaktif yang tepat serta bagaimana penyimpanan arsip di dalam gudang dan filling kabinet.

Selanjutnya Efraim menjelaskan mengenai bagaimana melakukan pemberkasan arsip baik yang aktif maupun inaktif yang tepat yaitu dimulai dengan pengklasifikasian arsip yang dilakukan dengan penggolongan dan pengelompokan arsip atas dasar persamaan masalah yang ada dalam arsip dan kemudian dilanjutkan dengan pengkodean kelompok arsip. Selain itu, Efraim juga menunjukkan contoh mengarsipkan dokumen dalam sebuah folder.

Setelah seluruh materi dibagikan, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan penyampaian saran dan usulan oleh seluruh pegawai KPKNL Padangsidimpuan. Pada akhir acara, Haryanto, Kepala KPKNL Padangsidimpuan beserta seluruh pegawai yang ikut dalam acara sharing knowledge memberikan apresiasi kepada subbagian umum juga kepada Efraim dan Havin selaku pemateri yang memberikan sosialisasi ini. Harapan kedepannya supaya kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara rutin oleh para pegawai dari masing-masing seksi/sub bagian.

(Teks/Foto: Tim HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini