Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
TIK Aman, Pengelolaan Aset Negara jadi Lebih Signifikan
Frans Edison Sihombing
Selasa, 17 September 2019   |   402 kali

Padangsidimpuan,- (12/9) KPKNL Padangsidimpuan menerima kunjungan dari Kepala Subdirektorat Pengolahan Data dan Layanan Operasional Direktorat PKNSI, Nikodemus Sigit Rahardjo di ruang Rapat KPKNL Padangsidimpuan. Maksud dan tujuan utusan dari Direktorat PKNSI ini adalah untuk memberikan penyuluhan dan pembinaan terkait penerapan konfigurasi keamanan perangkat teknologi informasi dan komunikasi antara Kantor Pusat DJKN dengan kantor unit vertikal di daerah.

Acara dibuka oleh Kepala KPKNL Padangsidimpuan, Haryanto, yang dihadiri oleh semua pegawai KPKNL Padangsidimpuan. “Kami sangat berterima kasih atas kunjungan dari Direktorat PKNSI semoga membawa banyak manfaat dan menambah tingkat awareness kita terhadap keamanan informasi,data dan perangkat TIK” ujar beliau mengawali sambutannya. Selanjutnya beliau memberikan kesempatan kepada Niko untuk memaparkan rencana besar perkembangan TIK DJKN dan penerapan SMKI (Sistem Manajemen Keamanan Informasi) yang tepat di lingkungan Kementerian Keuangan.

Niko kemudian melanjutkan bahwa saat ini perkembangan data aset pemerintah yang semakin besar membutuhkan kompetensi dan komitmen di bidang TIK yang juga harus lebih kuat. Selain itu, perkembangan teknologi juga harus dapat dimanfaatkan dengan baik untuk memberikan nilai tambah yang signifikan dalam pengelolaan aset negara.

“Teknologi pengelolaan Big Data dan Blockchain akan kita perkuat guna mendukung proses pengelolaan informasi yang akurat, kredibel, dan memiliki prioritas kemanan yang tinggi. Dengan begitu, risiko terhadap ancaman keamanan siber seperti peretasan dan duplikasi data oleh pihak tak bertanggung jawab dapat diminimalisasi. Namun, tentunya hal itu tak bisa terjadi begitu saja, butuh proses dan juga kita sebagai brainware-nya untuk mengoperasikannya,”  pungkas Niko. Di akhir arahannya niko juga mengatakan bahwa untuk kedepannya agar keamanan teknologi informasi dan komunikasi lebih di perkuat dan diterapkan ke seluruh kantor verikal DJKN.


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini