Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Revaluasi BMN 2018, KPKNL Padangsidimpuan Sambangi Pulau Terluar Nusantara
Andika Putra Bharata
Rabu, 04 April 2018   |   219 kali

Sibolga –Kantor Penilaian kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Padangsidimpuan melakukan survei lapangan obyek revaluasi milik Distrik Navigasi (Disnav) Kelas III Sibolga yang tersebar di beberapa pulau terluar pada Pantai Barat Sumatera. Survei dilakukan dalam rangka Proses Penilaian Kembali Barang Milik Negara (BMN). Tim Penilai KPKNL Padangsidimpuan yang diketuai oleh Abdul Ali Pulungan dengan anggota Andika Putra Bharataserta pendamping dari Disnav Sibolga Sahat Marpaung melaksanakan survei lapangan tersebut selama sepuluh hari mulai tanggal 21 s.d. 30 Maret 2018

Perjalanan menuju lokasi aset dilalui menggunakan Kapal Laut KN Mandalika milik Disnav Sibolga. Tim menempuh perjalanan selama kurang lebih 10 jam untuk mencapai lokasi pertama yaitu Ujung Karang. Setelah menyelesaikan proses pengambilan data dan foto objek, perjalanan dilanjutkan ke pulau Sarang Baung hingga ke pulau terluar Samudera Hindia yaitu Pulau Sarang Aloe yang berbatasan langsung dengan perairan Aceh Singkil.

Tim sempat mengalami beberapa masalah terkait gelombang laut yang agak tinggi saat melakukan perjalanan memutari Pulau Nias melalui Pelabuhan Lahewa yang mengakibatkan Kapal harus menunggu hingga pagi hari untuk berlayar kembali. Namun cuaca kembali bersahabat saat perjalanan ke arah Pulau Sirombu dan Pulau Hinako yang kemudian menyelesaikan perjalanan kembali ke Dermaga Distrik Navigasi yang ada di Kota SIbolga.

Sepanjang perjalanan, sekelompok lumba-lumba mengikuti dan, nampak menyambut kedatangan para pelaut dan tim yang akan memasuki perairan Pulau Hinako. Tak sampai disitu, Tim juga dimanjakan dengan pemandangan indah dari Samudera Hindia yang seolah membentuk horizon tanpa batas dan betapa gagahnya menara suar yang berdiri baik di tengah laut maupun di pulau – pulau.

Pelayaran selama 10 Hari tersebut bagi Tim Revaluasi KPKNL Padangsidimpuan dan pendamping dari Satuan Kerja adalah pelayaran yang  berisiko namun sudah menjadi bagian dari perkerjaan sehingga tetap harus dilakukan dengan penuh dedikasi.

Pengalaman ini adalah pengalaman yang tak terlupakan sekaligus menunjukkan betapa luasnya lautan kita  dan dan betapa indahnya pulau-pulau kecil disana. Walapun badan lelah, tetapi semangat anggota tim tidaklah pudar dan tugas lainnya sudah menunggu untuk menyelesaikan laporannya serta melanjutkan perjalanan ke lokasi berikutnya. Semangat untuk mempersembahkan nilai untuk negeri.

Selain bertujuan untuk pelaksanaan revaluasi BMN 2018, pelayaran KN Mandalika yang mengangkut 41 awak kapal kali ini juga bertujuan untuk melakukan perawatan dan perbaikan menara suar serta pemberian logistik pada beberapa lokasi pos jaga.

Penulis/Foto: Andika PB

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini