Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Wujud Nyata Pembinaan, KPKNL Padangsidimpuan Gelar Rangkaian Kegiatan Sosialisasi
Emmi Br Ginting
Selasa, 19 Desember 2017   |   204 kali

Padangsidimpuan - Dalam rangka mendukung tugas pokok dan fungsinya KPKNL Padangsidimpuan menyelenggarakan rangkaian kegiatan sosialisasi selama tiga hari berturut-turut, Bertempat di Aula KPKNL Padangsidimpuan. Rangkaian kegiatan dimulai dengan kegiatan Sosialisasi Lelang pada Selasa (12/12/2017)yang dihadiri oleh tamu undangan dari pihak Perbankan dan UKM Keuangan di wilayah kerja KPKNL Padangsidimpuan. Hari Kedua Rabu (13/12/2017) Sosialisasi Peran KPKNL dalam Pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) dengan peserta perwakilan 14 Pemerintah Daerah dalam wilayah kerja KPKNL Padangsidimpuan. Dan pada hari ketiga Kamis (14/12/2017) Sosialisasi Revaluasi Barang milik Negara (BMN) 2018 yang dihadiri satker binaan KPKNL Padangsidimpuan yang menjadi target pelaksanaan Penilaian Kembali Barang Milik Negara tahun 2018.

Pada hari pertama Selasa (12/12/2017), sosialisasi dibuka Kepala KPKNL Padangsidimpuan Haryanto. Dalam sambutannya Haryanto mengatakan bahwa sosialisasi lelang ini dilaksanakan untuk meng-update informasi dan peraturan lelang serta peserta dapat berdiskusi terkait permasalahan lelang yang dihadapi selama ini juga terkait permasalahan hukum dalam pelaksanaan lelang.

Materi lelang disampaikan Kepala Seksi Bina Lelang II Kanwil DJKN Sumatera Utara. Arief Fadillah. Dijelaskan Arief tentang petunjuk pelaksanaan lelang sesuai dengan Peraturan Menteri keuangan Nomor 27 tahun 2017 dan Perdirjen Kekakayaan Negara Nomor 2 tahun 2017 serta pedoman pelaksanaan lelang dengan penawaran secara tertulis tanpa kehadiran peserta lelang melalui internet sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 90/PMK.06/2016. Secara terperinci disampaikan jenis-jenis lelang yang bisa diikuti, tata cara pelaksanaan lelang, serta peran penting lelang dalam menggerakkan ekonomi di daerah. Arief mengatakan jika agunan pada kredit macet dibiarkan, ekonomi pada daerah tersebut tidak bisa bergerak maju, dampaknya pihak Bank juga merugi, disitulah lelang hadir sebagai solusi.  Selain itu arif juga menghimbau Kedepannnya pihak Bank tidak hanya hadir sebagai penjual tapi juga sesekali sebagai pembeli.

Sesi berikutnya Kepala Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Padangsidimpuan  Emmi Br. Ginting yang didampingi stafnya Ode Putra Silalahi menyampaikan materi tentang Mitigasi Risiko Penanganan Perkara Lelang Hak Tanggungan. Pentingnya mediasi dan pendalaman materi hukum tentang Lelang Hak Tanggungan dalam menghadapi penanganan perkara hukum kredit macet pada Bank dijelaskan oleh Emmi. Hal ini disambut antusias oleh peserta yang hadir karena memang sengketa hukum sangat lekat kaitannya dalam penjualan agunan kredit macet, sehingga acara Sosialisasi Lelang ini memberikan banyak sudut pandang baru bagi pihak KPKNL maupun pihak Bank, baik dari sisi potensi lelang ataupun dalam penanganan perkara.

Pada hari kedua Rabu (13/12/2017), sosialisasi Peran KPKNL dalam Pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD), dibuka Kepala KPKNL Padangsidimpuan Haryanto"Salah satu materi yang tidak kalah penting dalam pengelolaan barang milik daerah pemanfaatan BMN/D yaitu dalam bentuk sewa. Bangunan/tanah yang tidak dimanfaatkan dalam mendukung tupoksi dapat disewakan kepihak ketiga.  Hal ini tentunya dapat menambah pendapatan daerah tentunya BMD yang disewakan tersebut lebih terawat, "ujar Haryanto.

Berbeda dengan acara hari pertama yang secara spesifik membahas lelang, acara hari kedua lebih luas karena mencakup diskusi untuk mencapai sinergi demi pengelolaan Barang Milik Daerah yang lebih baik. Materi pertama adalah pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 27 tahun 2014 yang disampaikan Kepala seksi Pengelolaan Kekayaan Negara Ika Dany Sitepu  dan stafnya Fery Antony Marpaung.

Sesi kedua materi penilaian Barang Milik Daerah disampaikan Kepala Seksi Penilaian KPKNL Padangsidimpuan Yunaldi Idris berserta stafnya Abdul Ali Pulungan. Selanjutnya, materi lelang disampaikan Kepala Seksi Bina Lelang II  Arief Fadillah Kanwil DJKN Sumatera Utara. Dan pada sesi terakhir materi Pengurusan Piutang disampaikan Kepala Seksi Pengurusan Piutang Negara KPKNL Padang Sidimpuan Edy Prastanto.

Semua materi yang disampaikan membuat peserta yang hadir sangat antusias dan secara bergantian menyampaikan permasalahan mengenai Pengelolaan BMD yang ada di daerahnya. Salah satu peserta Agus Yursen Laia Kepala Bidang Aset Kabupaten Nias Selatan mengatakan sangat senang dengan sosialisasi ini, karena banyak sekali ilmu baru yang dapat diperoleh yang bahkan mereka selam ini belum terlalu paham terutama dalam hal tata cara pelaksanaan lelang dan pengurusan piutang.

Hari terakhir Kamis (14/12/2017) dilaksanakan Sosialisasi Revaluasi BaMN 2018 yang dihadiri oleh satker binaan KPKNL Padangsidimpuan yang menjadi target pelaksanaan Penilaian Kembali Barang Milik Negara tahun 2018. Materi disampaikan oleh Kepala seksi Pengelolaan Kekayaan Negara Ika Dany Sitepu beserta staf M. Trisno Fadillah. Selain diberikan pemaparan materi mengenai dasar hukum dan pentingnya pelaksanaan penilaian kembali, pada sosialisasi hari ketiga ini peserta juga diberikan pembekalan teknis mengenai tahapan revaluasi BMN yang akan diselenggarakan tahun depan.

Rangkaian acara ini ditutup dengan penandatanganan nota kesepahaman antara KPKNL dan Kementerian Agama mengenai penertiban pengelolaan BMN dan penyerahan piagam penghargaan nominasi BMN Awards kategori satker terbaik dalam lingkup wilayah kerja KPKNL Padangsidimpuan oleh Kepala KPKNL Padangsidimpuan. Adapun daftar satker terbaik yang termasuk dalam kategori tersebut adalah sebagai berikut:

Nominasi Penatausahaan BMN:

1.   Kejaksaan Negeri Gunungsitoli

2.   KPPBC Tipe Madya Pabean C Sibolga

3.   Pengadilan Agama Gunungsitoli

Nominasi Pengelolaan BMN:

1.   LPP RRI Sibolga

2.   IAIN Padangsidimpuan

3.   UPP Kelas 3 Sikara-kara Natal

Nominasi Pengamanan BMN:

1.   Polres Nias

2.   Kejaksaan Negeri Tapanuli Selatan

3.   MAN Marena

Dalam acara penutupan rangkaian sosialisasi, Kepala KPKNL Padangsidimpuan Haryanto menyampaikan rasa terima kasih serta apresiasi atas animo peserta yang hadir dalam tiga hari rangkaian kegiatan tersebut. Secara eksklusif, Haryanto mengatakan harapannya bagi seluruh elemen Negara,baik Pemerintahan, maupun masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif dan taat hukum dalam pengelolaan kekayaan Negara. “Kita ini adalah sistem kecil dalam sebuah sistem besar yang bernama Negara. Namun demikian, janganlah kita menganggap remeh apa yang kita lakukan karena sebuah sistem yang besar tidak akan bisa berjalan tanpa system-sistem kecilnya,ujar Haryanto  (Teks/Foto: Sie HI KPKNL Padangsidimpuan)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini