Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Lelang, Penjual Senang Pembeli Puas
Emmi Br Ginting
Jum'at, 15 Desember 2017   |   239 kali

Sibolga (7/12/2017) - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Padang Sidimpuan melaksanakan Lelang Noneksekusi Wajib Barang Milik Daerah (BMD) Pemerintah Kota Sibolga berupa kendaraan bermotor di Lapangan Simare-mare Kota Sibolga.

Pada Pukul 08.00 WIB para calon peserta lelang sudah ramai di lapangan untuk registrasi peserta dan sekaligus melihat-lihat kendaraan  yang akan dilelang. Sekitar dua jam proses registrasi selesai dilaksanakan.

Selanjutnya Kepada Bidang Aset Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Sibolga Andreas Sinulingga membuka acara lelang secara resmi. Dalam sambutannya disampaikan bahwa pelaksanaan lelang ini bertujuan untuk  penghapusan BMD yang sudah tidak digunakan lagi dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing SKPD penggunanya. Andreas juga berharap agar semua peserta lelang bersikap sportif dan tetap menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan lelang berlangsung.

Pejabat Lelang KPKNL Padangsidimpuan Rismawati Purba membacakan Kepala Risalah Lelang dan tata tertib pelaksanaan lelang. Beberapa peserta lelang menanyakan lebih detail proses pelaksanaan lelang sampai pada proses pengambilan kendaraan jika terpilih sebagai pemenang.

Barang yang dijual dalam pelaksanaan lelang ini berupa 79 lot kendaraan roda empat dan roda dua. Lelang ini mendapat antusias dari masyarakat umum maupun pegawai di Lingkungan Pemerintah Kota Sibolga. Terdapat  307 Nomor Induk Peserta Lelang (NIPL) yang akan berkompetisi dalam pelaksanaan lelang. Peserta Lelang bukan hanya berasal dari Sibolga saja tapi juga datang dari kota lainnya. Dari total 79 lot barang yang ditawarkan terjual 70 lot, dengan kenaikan harga sekitar 38% dari harga limit

Kepala KPKNL Padangsidimpuan Haryanto ikut memantau proses pelaksanaan lelang ini. Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk juga turut memantau kegiatan pelaksanaan lelang ini dan menyarankan kepada pemenang lelang agar secepatnya melakukan pelunasan agar dapat langsung mengambil kendaraan yang sudah dimenangkan.

Setelah pelaksanaan lelang berakhir, peserta yang menang langsung memperoleh rincian pelunasan lelang dari tim KPKNL Padangsidimpuan dan bagi yang kalah juga dapat mengambil uang jaminan penawaran lelang. Beberapa pemenang lelang langsung melunasi pada hari itu juga, sehingga barangnya bisa langsung mereka bawa pulang.

Samson Tambunan salah satu pemenang lelang sepeda motor mengatakan bahwa dia senang dengan kendaraan yang dia peroleh dan cukup puas dengan proses lelang yang ada. Karena kenaikan harga cukup signifikan yang disebabkan oleh banyaknya peminat lelang, sehingga masing-masing berlomba untuk memperoleh barang yang diinginkan. Hal ini sesuai dengan tujuan lelang, yakni Penjual Senang dan Pembeli Puas. (Teks/Foto: Seksi HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini