Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Pelaksanaan Lelang Non Eksekusi Barang Milik Daerah Pemerintah Kabupaten Nias
Emmi Br Ginting
Rabu, 06 Desember 2017   |   504 kali

Gunung Sitoli– Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Padang Sidimpuan menyelenggarakan Lelang Non Eksekusi Wajib Barang Milik Daerah (BMD) di Halaman Kantor Bupati Kabupaten Nias Selasa (28/11/2017).

Lelang ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nias F. Yanus Larosa. Dalam sambutannya Yanus mengatakan bahwa lelang ini merupakan salah satu tahapan dalam proses pengelolaan BMD yaitu tahap penghapusan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 27 tahun 2014 tentang Pengelolaan barang milik Negara/Daerah  dan Peraturan Pemerintah Dalam Negri  Nomor 19 tahun 2016 tentang pengelolaan Barang Milik Daerah.

Kepala Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Padang Sidimpuan, Emmi Ginting mengatakan bahwa pelaksanaan lelang ini akan dilaksanakan terbuka di depan umum sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 27/PMK.06/2016 tetang Petunjuk Pelaksanaan Lelang. Dia juga menambahkan bahwa peserta lelang dipersilakan berkompetisi dalam penawaran untuk mendaptakan barang yang diinginkan namun tetap menjaga tertib.

Barang yang dijual dalam pelaksanaan lelang ini berupa 54 lot kendaraan roda empat dan roda dua termasuk alat-alat berat. Lelang ini mendapat antusias dari masyarakat umum maupun pegawai di Lingkungan Pemkab Nias. Terdapat  247 Nomor Induk Peserta Lelang (NIPL) yang akan berkompetisi dalam pelaksanaan lelang. Peserta Lelang bukan hanya berasal dari Nias saja tapi ada yang dari Medan dan Sibolga juga kota lainnya.

Pelaksanaan lelang di pandu oleh Pejabat Lelang KPKNL Padang Sidimpuan Dolok Simamora dibantu oleh afslager Tri Wibowo dan disaksikan oleh Pejabat Penjual Kepala Bidang Asset  Kabupaten Nias Yasman Halawa. Dari 54 lot barang yang dijual, 42 lot yang laku dengan persentase kenaikan harga 25 % dari harga limit.

Kepala Badan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Nias Bazatulo Zendrato mengapresiasi atas suksesnya pelaksanaan kali lelang ini, karena selain mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) menjadikan pengelolaan BMD semakin tertib. Walaupun ditengah pelaksanaan lelang turun hujan tim pejabat lelang dan seluruh peserta tetap semangat sampai seluruh proses lelang selesai. Dan harapannya ke depan dapat terus bersinergi dengan KPKNL Padang Sidimpuan dalam hal pengelolaan BMD terutama pelaksanaan lelang.  (Teks/Foto: Seksi HI)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini