Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Padang Sidempuan Gelar Sosialisasi Dan Bimtek Revaluasi BMN
Oude Putera Silalahi
Rabu, 06 September 2017   |   239 kali

Padang Sidempuan - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Padang Sidempuan menggelar sosialisasi dan bimbingan teknis revaluasi BMN kepada satuan kerja yang menjadi target Revaluasi BMN tahun 2017, Rabu (23/8/2017) bertempat di Aula KPKNL Padang Sidempuan. Acara yang mengambil tema “Pengarahan, Kebijakan dan Strategi Sukses Revaluasi BMN” ini dilaksanakan seiring dengan pelaksanaan program Revaluasi BMN yang tidak lama lagi segera akan dimulai.

Pada kesempatan tersebut Kepala KPKNL Padang Sidempuan Haryanto yang baru dilantik bulan lalu membuka acara sekaligus memperkenalkan diri kepada para peserta sosialisasi yang berasal dari 46 satuan kerja. Dalam sambutannya, Haryanto memberikan pemahaman kepada satker tentang latar belakang dan tujuan dilaksanakannya  Revaluasi BMN yaitu untuk mendapatkan nilai BMN yang uptodate, untuk kepentingan underlying asset dalam rangka penerbitan SBSN,  membangun database BMN untuk kepentingan pengelolaan BMN dan identifikasi aset idle. Beliau juga mengajak kepada seluruh satker  yang  ada di wilayah kerja KPKNL Padang Sidempuan untuk bersama-sama bersinergi serta mendukung tercapainya program Revaluasi BMN 2017.

Materi bimbingan teknis terbagi dalam tiga sesi yang disampaikan oleh Dino M. Pakpahan dan M. Trisno Fadillah. Pada sesi pertama Dino M. Pakpahan menyampaikan mengenai Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kembali (revaluasi) BMN dan dasar hukum penilaian kembali, obyek penilaian kembali, kewenangan dan tanggung jawab, tim pelaksana dan tahapan penilaian kembali BMN. Sesi yang kedua mengenai Petunjuk Pengisian Form Pendataan Obyek Revaluasi BMN disampaikan oleh M. Trisno Fadillah yang secara detail menjelaskan mengenai formulir yang harus diisi oleh satuan kerja untuk kepentingan pelaksanaan revaluasi BMN.

Dijelaskan juga mengenai tata cara instalasi Aplikasi SIMAN fitur Penilaian, tata cara pengajuan registrasi user pada SIMAN fitur Penilaian, pengenalan fitur-fitur yang ada pada Aplikasi SIMAN fitur Penilaian serta kaitan Aplikasi SIMAN interkoneksi masing–masing aplikasi tersebut yaitu SIMAK-SIMAN-SIP, mulai dari tahap sinkronisasi data awal (SIMAK-SIMAN), pemutakhiran data pada SIMAN, sampai terbentuk Master Aset sehingga siap untuk dilaksanakan tahap penilaian kembali sampai mendapatkan nilai wajar diolah di dalam SIP kemudian di kirimkan kembali ke SIMAN sehingga terbentuk Pelaporan.

Koreksi hasil antara SIMAN dan SIMAK BMN untuk dilakukan Sinkronisasi Rekon Reval yaitu pada tahap pemutakhiran di SIMAN sampai dengan tindak lanjut (Rekonslisiasi Penilaian Kembali). Digunakan untuk melakukan tindak lanjut Hasil Inventarisasi dan Penilaian. Satker melakukan verifikasi data koreksi hasil tindak lanjut Inventarisasi dan Penilaian, pada aplikasi SIMAK BMN. Selanjutnya melakukan analisis data tindak lanjut hasil inventarisasi dan penilaian SIMAK BMN dengan membandingkan dengan nilai SIMAN. Catatan Hasil Rekonsiliasi memuat Keterangan per-Barang dan Penambahan Catatan BAR (Berita acara Rekonsiliasi). Terakhir adalah  sampai dengan cetak BAR yang memuat Berita Acara Rekonsiliasi Hasil Inventarisasi (BAR IP) dan Catatan Rekonsiliasi Hasil Penilaian Kembali BMN.

Kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan mendapat antusias yang tinggi dari peserta berupa tanya jawab mengenai penerapan Aplikasi SIMAN fitur Penilaian. Kegiatan ini ditutup oleh Haryanto dengan mengajak satker untuk bersama-sama bersinergi saling mendukung demi terlaksana dan terwujudnya program Nasional Revaluasi BMN tahun 2017. Jayalah DJKN. (penulis/foto : seksi HI)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini