Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
United We Stand
Joni Caputra Sihombing
Senin, 05 April 2021   |   568 kali

Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Sebuah pepatah legendaris yang sering kita dengar. Dan itu bukan hanya sekadar kalimat belaka, karena pada kenyataannya dalam kehidupan, khususnya dalam pencapaian target pada sebuah kelompok / organisasi, persatuan sangatlah diperlukan, dan menurut saya, mungkin beginilah Pegawai Kementerian Keuangan menerjemahkan kata “Sinergi” sebagai salah satu Nilai Kementerian Keuangan.

Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial yang tidak bisa memenuhi segala kebutuhan hidupnya sendiri, tidak peduli sekaya, secantik, setampan, atau sehebat apapun dia. Tentunya itu berlaku juga untuk saya, yang sekilas adalah seorang pemuda yang masih minim pengalamanan hidup. Bahkan,untuk membuat Essay sebagai orang yang secara kebetulan ditunjuk sebagai Pegawai Teladan tahun 2020, saya terlebih dahulu berkonsultasi dari beberapa pendahulu saya, sebut saja seperti Babang Tamvan, Cool Guy, serta salah satu Pegawai Inspiratif Kementerian Keuangan Tahun 2020 yang sangat tenar di kalangan wanita.

Sebagai PNS Kementerian Keuangan, pelaksana di Seksi Piutang Negara KPKNL Padangsidimpuan, saya bisa bertahan, melakukan segala tugas yang harus saya lakukan di lingkungan kerja, tidak lepas juga atas sinergi yang berjalan harmonis dengan teman – teman di lingkungan kerja.

Penempatan pertama saya di PadangSidimpuan, begitu banyak hal – hal yang tidak saya ketahui dan sebagai pegawai baru pada saat itu sejujurnya saya bingung dan takut akan apa yang akan terjadi kala itu karena bertemu dengan orang – orang baru dan harus beradaptasi di lingkungan yang baru. Beruntungnya, semua Pegawai di Kantor menyambut saya dengan tangan terbuka mulai dari Kepala Kantor, para Kepala Seksi, beserta rekan – rekan dan senior pelaksana, serta pegawai PPNPN, dan saya benar – benar bersyukur akan hal itu.

Saya mulai menyadari, setiap pegawai di Kementerian Keuangan harus memberikan kontribusi dalam pencapaian target yang ditetapkan di lingkungan kerjanya. KPKNL Padangsidimpuan juga memiliki tantangan yang besar, dimana harus menangani Satuan Kerja Kementerian/Lembaga di Wilayah kerja yang cukup luas, meliputi 14 (empat belas) Kabupaten/Kota termasuk di Pulau Nias. Dengan wilayah kerja seluas itu diperlukan kerja sama dan sinergi yang serasi dan harmonis agar tugas dan fungsi di Kantor dapat berjalan dengan baik.

Selama satu setengah tahun berada di Seksi Pelayanan Penilaian membuat saya mengerti betapa pentingnya sebuah kerja sama dan sinergi tersebut. Misal saja, ada Satker X yang mengajukan pemindahtanganan BMN melalui lelang, selain integritas dan profesionalisme dalam bekerja, dengan sinergi yang baik antar seksi akan memberikan kinerja yang maksimal bagi kantor dan kepuasan yang kepada stakeholder. Dimulai dari Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (Seksi PKN) yang memverifikasi kelengkapan dokumen untuk diajukan penilaian, lalu Tim Penilai di Seksi Pelayanan Penilaian melaksanakan survei penilaian untuk mengeluarkan nilai wajar, lalu kembali lagi ke seksi PKN yang mengeluarkan Surat Keputusan / Surat Persetujuan, lalu dilanjutkan ke Seksi Pelayanan Lelang untuk Pelaksanaan Lelang BMN yang akan dilakukan Pemindahtanganan melalui Lelang, juga di Subbagian Umum yang menyediakan segala fasilitas yang diperlukan. Saya belajar banyak bahwa kerjasama yang baik dan kesadaran masing – masing pegawai untuk melakukan tugas dan fungsi dengan maksimal sangat dibutuhkan untuk memberikan pelayanan yang dapat memberikan kepuasan kepada stakeholder. Begitu juga ketika saya ditempatkan di Seksi Piutang Negara, kerjasama yang sangat baik dengan Seksi Hukum dan Informasi serta bimbingan yang luar biasa dari Atasan Langsung  sangat membantu saya untuk melaksanakan tugas – tugas di Piutang Negara, baik dalam hal PNBP Piutang Negara maupun tugas lainnya yang harus dipenuhi di Seksi Piutang Negara.

Sinergi yang baik dari KPKNL Padangsidimpuan tidak hanya berjalan sekedar di pelaksanaan tugas dan fungsi kantor. Bahkan Kantor ini menjadi rumah kedua bagi saya, terlebih pada saat tersulit di masa pandemi Covid-19 yang membatasi pergerakan manusia untuk beraktivitas dan rekreasi. Bagi saya sendiri, di saat saya bosan dan tidak tau harus berbuat apa, kami melakukan kegiatan bersama-sama dengan tanpa mengabaikan protokol kesehaatan seperti makan bersama, karaoke bersama, liburan bersama dalam kota, dan bersepeda. Komunitas Sepeda di Kantor membantu saya mengisi hari – hari yang menjemukan di akhir pekan menjadi hari yang berwarna untuk melepaskan kepenatan. Dengan tetap menjaga protokol kesehatan, saya beserta anggota komunitas sepeda di kantor yang terdiri dari atasan – atasan kantor beserta teman – teman menjelejahi indahnya alam di Padangsidimpuan dengan bersepeda.

Meminjam slogan yang pernah digaungkan oleh DJKN, “One team, One Spirit, One Goal !”  , dimanapun kita bertugas nantinya, Pegawai Kementerian Keuangan harus dapat menjalin sinergi dan kerja sama dengan setiap elemen yang ada dalam komunitas kita, baik kepada atasan, bawahan, dan rekan – rekan sekerja. Sinergi yang baik juga harus dilengkapi dengan pengembangan kompetensi dan kesadaran diri untuk selalu bekerja sebaik-baiknya dan mampu berkontribusi semaksimal mungkin dalam organisasi agar tujuan dan target organisasi dapat dicapai.  Akhir kata, marilah kita menjadi pribadi yang adaptif, yang mampu berkontribusi  menjalin sinergi yang baik dengan organisasi kita, dimanapun itu. Salam sehat dan bahagia selalu.


(Teks : Yogi Efendi Barimbing)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini