Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Serang > Berita
Gebyar Lelang UMKM KPKNL Serang: Peringatan 114 Tahun Lelang Indonesia, Bantu Pemulihan Ekonomi
Ferdinandus Andreas
Kamis, 24 Maret 2022   |   165 kali

Serang – Sudah 114 tahun lelang Indonesia berkontribusi dalam perekonomian Indonesia sebagai sarana jual beli yang transparan, aman, dan akuntabel. Pada peringatan 114 tahun ini, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan menggelar acara lelang produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Acara yang bertajuk Gebyar Lelang UMKM ini dilaksanakan secara serentak dan melibatkan seluruh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) di Indonesia, pada Kamis (24/03/2022).

Direktur Lelang DJKN, Joko Prihanto menyampaikan bahwa tema kegiatan 114 Tahun Lelang Indonesia sejalan dengan kegiatan Presidensi G20 yakni “Dengan semangat 114 tahun lelang di Indonesia, mari bersama kita dorong pemulihan dan penguatan ekonomi Indonesia” dengan slogan “Pulih dan Bangkit Bersama Lelang Indonesia”.

Pelaksanaan Lelang Produk UMKM ini, menurut Joko Prihanto terdapat beberapa kemudahan/fleksibilitas yang diberikan. Kemudahan dan fleksibilitas dimaksud, antara lain extended auction, lelang tanpa uang jaminan, adanya fitur khusus produk UMKM pada lelang.go.id¸ sertatersedianya template formulir-formulir serta tutorial audio visual terkait pengajuan permohonan lelang sehingga memudahkan para Pelaku UMKM untuk mengajukan permohonan lelangnya.

Tidak ketinggalan, KPKNL Serang pun turut serta memeriahkan Gebyar Lelang Produk UMKM. Sejumlah produk unggulan dari UMKM di Kota Serang dan sekitarnya dilelang dalam acara ini. Salah satunya adalah Batik Kaserangan, produk kain batik khas Kabupaten Serang dengan desain yang unik dan harga yang relatif terjangkau. Ada beberapa lot Batik Kaserangan yang dijual secara satuan maupun sepaket.

Selain itu, KPKNL Serang juga melaksakan lelang terhadap produk UMKM khas Banten lainnya, seperti golok Ciomas, ikat kepala dan tas anyaman khas suku Baduy, makanan ringan khas Banten, dan sprei serta bed cover produk UMKM di Serang.

Pelaksanaan Gebyar Lelang Produk UMKM di KPKNL Serang berlangsung dengan lancar dan meriah. Dari total 43 lot produk UMKM yang dilelang berhasil terjual 26 lot dengan total nilai pokok lelang lebih dari 11 juta rupiah. (Teks: Siaran Pers DJKN dan HI KPKNL Serang, Foto: HI KPKNL Serang)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini