Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Serang > Berita
KPKNL Serang Optimis Hijaukan IKU Merah di Triwulan IV 2021
Ferdinandus Andreas
Jum'at, 22 Oktober 2021   |   136 kali

Serang- Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Banten, Nuning S.R. Wulandari melakukan monitoring dan pembinaan capaian kinerja Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Serang Triwulan III Tahun 2021 (22/10) di Aula KPKNL Serang. Dalam arahanya, ia mengatakan untuk mencapai target kinerja tahun 2021 dengan waktu yang tersisa selain optimisme dan keyakinan penting setiap target diberikan timeline dan output.

Pada kesempatan yang sama Nuning menganologikan bahwa KPKNL Serang adalah sebuah keluarga, selayaknya keluarga  untuk saling merangkul, tidak meninggalkan satu sama lain, dan aktif berkontribusi bagi organisasi. “Sebagai keluarga kita harus saling mengingatkan dimulai  tidak hanya dari kepala kantor, atasan langsung tapi juga dari pribadi sendiri, apa yang bisa kontribusikan untuk nilai lebih dari KPKNL Serang,” terangnya.  

Lebih lanjut, ia mengungkapkan untuk mencapai target kinerja faktor penting lainnya adalah komunikasi. Selain menerapkan komunikasi yang baik kepada stakeholder juga  memperkuat komunikasi internal, komunikasi antar atasan dan bawahan, atau komunikasi antar seksi.

Terkait dengan capaian Triwulan III 2021, Kepala KPKNL Serang, Laila Chairani menyampaikan terdapat dua Indeks Kinerja Utama (IKU) merah yaitu persentase penerimaan negara dari pengelolaan kekayaan negara dan lelang sebesar 42,26 dan persentase realisasi pokok lelang sebesar 50,37%. Sementara itu terdapat IKU kuning yaitu persentase penurunan outstanding piutang negara  (saldo PNDS s.d. 2017) sebesar 83,46%.

            Rani optimis atas prognosa yang dilakukan oleh KPKNL Serang sampai triwulan IV Tahun 2021, yaitu realisasi PNBP pengelolaan Kekayaan Negara dan Lelang sebesar 93,41%, sementara realisasi PNBP Piutang Negara sebesar 109,19%, dan realisasi PNBP Lelang sebesar 106.63%.  Ia juga memaparkan beberapa  aksi triwulan Tahun 2021 yang dilakukan oleh Seksi Piutang Negara, Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, dan Seksi Pelayanan Lelang.

            Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara untuk mencapai prognosa tersebut akan melalukan beberapa kegiatan. Pertama, berkoordinasi secara berkelanjutan dengan satuan kerja. Kedua, berkoordinasi dengan Direktorat Barang Milik Negara terkait dengan data PNBP dari penjualan barang rampasan kejaksaan. Ketiga, berkoordinasi dengan Seksi Pelayanan Lelang terkait dengan rencana lelang BMN yang telah terbit persetujuan untuk dilakukan penjualan. Keempat, koordinasi dengan satker Badan Layanan Umum Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Terakhir, berkoordinasi dengan Kantor Pelayanan Bea Cukai terkait penjualan barang tegahan bea cukai.

Rencana aksi yang dilakukan Seksi Pelayanan Lelang adalah melaksanakan lelang sesuai penetapan jadwal lelang. Kedua,berkoordinasi dengan pemohon lelang untuk melakukan lelang ulang objek lelang yang marketable akan tetapi belum laku terjual.

Sementara itu Seksi Piutang Negara  melakukan rencana aksi dengan pemetaan Berkas Kasus Piutang Negara (BKPN) pada beberapa debitur yang potensial. Kedua,  menyampaikan Surat Penyitaan kepada 6 debitur penyerahan dari Dinas Ketahanan Pangan. Ketiga, menyampaikan Surat Paksa kepada 6 penanggung hutang penyerahan DJKN Eks BPPN dan Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim.  

Semenjak Dharma Setiawan Hardjowikarto purna tugas sebagai Kepala KPKNL Serang pada bulan Mei 2021, KPKNL Serang dipimpin oleh Plt Kepala Kantor Hadi Susilo kemudian Wahjudi Prajogo. Acara ini merupakan acara pembinaan dan monitoring Kepala Kanwil DJKN Banten pertama semenjak Rani dilantik sebagai Kepala KPKNL Serang (4/10). Pada akhir arahannya, Nuning meminta bantuan seluruh jajaran KPKNL Serang untuk menyukseskan rencana aksi triwulan IV 2021.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini