Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Serang > Berita
KPKNL Serang Lakukan Penilaian BMN Di Ujung Barat Pulau Jawa
Ferdinandus Andreas
Jum'at, 06 November 2020   |   240 kali

Tim Penilai KPKNL Serang melaksanakan proses penilaian BMN milik Balai Taman Nasional Ujung Kulon (BTNUK) selama dua hari pada Rabu dan Kamis, 4-5 November 2020. Barang yang dinilai berupa beberapa bangunan dan dermaga yang yang tersebar di wilayah Taman Nasional Ujung Kulon, yaitu di Pulau Peucang, Cigenter, Cidaon, Pulau Handeleum, dan Pulau Panaitan.

Kegiatan dimulai dengan koordinasi antara Tim Penilai dan pendamping dari Balai Taman Nasional Ujung Kulon. Kepala BTNUK, Anggodo menyambut baik kedatangann Tim Penilai KPKNL Serang dan menjelaskan beberapa barang yang akan dilakukan penilaian. “Jadi kegiatan dua hari ini, dalam rangka penilaian terhadap bangunan dan sarana prasarana yang saat tsunami lalu mengalami kerusakan,” jelasnya.

Sebagai pengingat, pada akhir tahun 2018 lalu terjadi letusan gunung Anak Krakatau yang memicu tsunami pada pesisir Banten. Tsunami tersebut menimbulkan kerusakan pada BMN yang digunakan oleh Balai Taman Nasional Ujung Kulon. Dalam pengelolaan BMN, barang yang rusak akibat bencana alam dapat dilakukan penghapusan dari daftar barang. Namun sebelumnya perlu dilakukan penilaian terhadap barang tersebut.

Selanjutnya Tim Penilai KPKNL Serang dan pendamping dari Balai Taman Nasional Ujung Kulon berangkat menuju lokasi dengan menggunakan kapal dari Pelabuhan Sumur, Kabupaten Pandeglang. Lokasi obyek penilaian yang tersebar di beberapa pulau dan sulitnya akses menuju obyek penilaian menjadi tantangan tersendiri bagi Tim Penilai KPKNL. Selain itu juga ada ancaman dari binatang buas seperti harimau atau buaya yang sewaktu-waktu bisa saja menyerang.

Hari berikutnya, Tim Penilai KPKNL menuju ke Cigenter dan melakukan survei terhadap beberapa barang disana. “Di sini ada shelter atau tempat berlindung dan toilet yang sudah hancur, rata dengan tanah,” ungkap Ilham Abdullah Setiana, pejabat fungsional penilai pemerintah pada KPKNL Serang yang tergabung dalam tim. Terakhir, Tim Penilai KPKNL Serang menuju Pulau Handeleum untuk melakukan penilaian dermaga yang sudah hancur tersapu tsunami. (Tim Humas KPKNL Serang)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini