Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Serang > Berita
Kepala KPKNL Serang Ikuti Kemenkeu Mengajar di Kota Serang
Teguh Agung Amanuyoso
Jum'at, 27 Oktober 2017   |   265 kali

Serang - KPKNL Serang ikut berpartisipasi dalam kegiatan Kementerian Keuangan Mengajar (KM2) yang diselenggarakan di SD Negeri Bayangkari, Jalan Jendral Ahmad Yani No.66, Serang, Banten, Senin (23/10/2017). Evi Askaryanti, Kepala KPKNL Serang turut serta menjadi salah satu relawan pengajar Kementerian Keuangan Mengajar ini. Kegiatan juga ini melibatkan para pengajar perwakilan dari Kementerian Keuangan di wilayah Banten, seperti Kanwil DJP Serang, KPP Madya Tangerang, KPP Pratama Pandeglang, KPPN Serang, dan KPKNL Serang.

Sebelum kegiatan dimulai, diadakan terlebih dahulu briefing terkait teknis di lapangan dan gladi resik proses pembukaan dan penutupan kegiatan. Upacara bendera pada pukul 07:00 WIB mengawali kegiatan, semua peserta upacara termasuk dewan guru, perwakilan Dinas Pendidikan Serang, dan para relawan mengikuti upacara ini.

Setelah upacara selesai masing-masing relawan memperkenalkan diri dengan gaya yang unik membuat para siswa tertawa lepas. Antusiasme para siswa semakin meningkat ketika dilakukan Baby Shark Dance dan Chicken Dance yang dipandu oleh para relawan kemudian dilanjutkan dengan game koin yang merupakan simulasi sederhana APBN yang mengajarkan anak tentang bagaimana mencari uang, mengalokasikan dan menggunakannya dengan bijak.

Sesi pengajaran, masing-masing relawan pengajar diberi waktu selama 35 menit setiap kelas untuk memperkenalkan Kementerian Keuangan secara umum, tugas dan fungsi, serta peran Kementerian Keuangan dalam masyarakat. Para pengajar dibantu alat peraga dan media pengajaran yang menarik minat para siswa. Para relawan juga menjadi pembuka cakrawala baru tentang bagaimana negeri ini mengelola perekonomian: membangun jalan, merawat fakir miskin dan anak terlantar, mendirikan rumah sakit, dan sederet tugas penting lainnya. 

Selain itu materi pengajaran berupa pengenalan APBN dan tugas Kementerian Keuangan pada umumnya, para siswa juga dikenalkan dengan unit Eselon I di bawah Kementerian Keuangan seperti DJP, DJBC dan DJKN.

Pengajaran diselingi dengan ice breaking membuat para siswa semakin bersemangat bahkan ketika sesi pengajaran berakhir beberapa siswa mengerumuni relawan pengajar berharap para relawan pengajar akan hadir lagi pada esok hari. Saat penutupan sesi pengajaran, para siswa, dewan guru dan relawan pengajar berfoto bersama di lapangan sekolah. Program Kemenkeu Mengajar ini menjadi salah satu rangkaian peringatan Hari Oeang ke-71 Republik Indonesia tahun 2017.  

Kemenkeu Mengajar: “Dari Kami Untuk Negeri!

(HI Serang)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini