Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sosialisasikan Kedai Lelang UMKM, KPKNL Semarang Undang Para Pelaku UMKM Di Wilayah Kudus dan Sekitarnya
Ely Sri Mardiyani
Selasa, 24 Mei 2022   |   127 kali

Semarang - Senin (23/05) Dalam rangka mendukung program pemulihan ekonomi nasional, KPKNL Semarang berkolaborasi  dengan Balai Lelang Tunjungan Semarang, mengundang para pembina dan pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Kudus dan sekitarnya untuk mengikuti sosialisasi Kedai Lelang UMKM sekaligus menyaksikan pelaksanaan lelang produk UMKM secara on line melalui website lelang.go.id.  Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di Kedai Kopi Muria Tastyco, Colo, Kabupaten Kudus. Hadir dalam kegiatan tersebut KSPPS BMT Bina Umat Sejahtera Lasem,  Calon Pejabat Lelang (CPL) Kelas II Semarang, CPL Kelas II Rembang,  Dinas Perdaganan, Koperasi,  Usaha Kecil dan Menengah (Dindagkop UKM)  Rembang,  KSP KUD Mintorogo, PT. BPR BKK Lasem, UKM Batik Lasem, Tokayu.id, Bagus Living, Dawe, Laptop Kudus, peganjaran Kudus, Universitas Muria  FEB UMK, @alammu.official dan Kopi Muria Tastyco.

Acara diawali dengan sambutan dari pemilik Kedai Kopi Muria Tastyco, Shinta selaku pihak yang menyediakan tempat sekaligus pemohon lelang dan dilanjutkan dengan pelaksanaan lelang produk UMKM yang dipandu oleh Jafung Pelelang Tutut Wulandari. Terdapat 10 lot produk UMKM yang dilelang, dan semuanya laku terjual dengan nilai cukup tinggi.

Materi sosialisasi disampaikan oleh Jafung Pelelang Dany Kuryanto dan Aris Kurniawan berkaitan dengan pengertian lelang, unsur-unsur lelang, tata cara pengajuan lelang dan keuntungan lelang.  Kegiatan sosialisasi  ini disambut baik oleh peserta, hal ini dibuktikan dengan antusias perserta dalam menanyakan berbagai hal untuk mengetahui lebih dalam terkait  lelang produk UMKM. Beberapa pertanyaan yang disampaikan oleh peserta antara lain berkaitan dengan pengenaan bea lelang, bea pengiriman barang,  pelunasan dan keuntungan penjual.    

Melalui sosialisasi ini,  lelang diharapkan menjadi alternatif transaksi jual beli bagi para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya secara luas dan dapat meningkatkan omset penjualannya. Lelang sebagai sahabat UMKM mendukung para pelaku UMKM untuk pulih, bangkit dan maju dari keterpurukan pandemi covid-19. (Penulis: Ely SM)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini