Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Semarang Layak Pertahankan Sertifikasi ISO 9001:2015 dalam Surveillance Audit 2019
Deny Ariyanto
Senin, 09 Desember 2019   |   239 kali

SEMARANGSurveillance Audit Sertifikasi ISO 9001:2015 telah dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 03 Desember 2019 di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Semarang oleh Auditor Eksternal dari PT TUVRheinland Indonesia. Kegiatan surveillance audit ini dilakukan untuk memastikan apakah penerapan standar ISO 9001:2015 dalam Sistem Manajemen Mutu (SMM) yang dilaksanakan oleh KPKNL Semarang masih memenuhi standar ISO 9001:2015 atau ada yang perlu dilakukan perbaikan.

Opening Meeting dibuka oleh Kepala KPKNL Semarang, Partolo yang juga dihadiri oleh seluruh pegawai KPKNL Semarang. “Terima kasih atas kedatangan auditor dari PT TUVRheinland Indonesia. KPKNL Semarang sudah berupaya dengan baik dalam melayani stakeholder dengan menerapkan sistem manajemen mutu sesuai standar ISO 9001:2015. Harapan kami, KPKNL Semarang dapat mempertahankan sertifikasi ISO 9001:2015 melalui surveillance audit kali ini, guna memberikan pelayanan prima yang semakin baik lagi,” tuturnya.

Heru Subroto dari PT TUVRheinland Indonesia yang bertugas selaku Audit Team Leader memaparkan metode dan langkah-langkah audit yang akan dilakukan serta poin penting yang harus terpenuhi agar penerapan sistem manajemen mutu yang dilaksanakan di KPKNL Semarang memenuhi standar ISO 9001:2015. “Tahun 2018 kemarin, KPKNL Semarang telah berhasil mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2015, sehingga tahun 2019 ini kita kembali ditugaskan untuk melakukan surveillance audit, memastikan apakah penerapan standar ISO 9001:2015 di KPKNL Semarang tetap berjalan secara konsisten dari tahun ke tahun,” ungkapnya.

Hadir pula Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Jawa Tengah dan D.I.Y., Mahmudsyah didampingi oleh Kepala Bidang Kepatuhan Internal dan Hukum Informasi, Edi Suyanto untuk memberikan dukungan kepada KPKNL Semarang dalam acara Closing Ceremony yang dilaksanakan sore harinya.

Berdasarkan hasil surveillance audit yang telah dilakukan, Heru menyatakan bahwa KPKNL Semarang masih berhak dan layak menggunakan sertifikasi ISO 9001:2015. “Tidak ada temuan yang bersifat major maupun minor, namun demikian tim auditor memberikan rekomendasi dan saran perbaikan kepada KPKNL Semarang agar lebih menyempurnakan proses notulensi pada saat rapat tinjauan manajemen serta menyelenggarakan In House Training bagi pegawai yang belum mengikuti Awareness SMM ISO,” tambahnya. Selain itu, Heru juga memberikan pengamatan positif terhadap KPKNL Semarang sebagai kantor pelayanan yang meraih Nilai Kinerja Organisasi tertinggi di lingkup Kanwil DJKN Jawa Tengah dan D.I.Y. serta memiliki Pejabat Lelang Kelas I terbaik.

Menutup acara, Mahmudsyah memberikan apresiasi kepada KPKNL Semarang dalam memberikan layanan kepada stakeholder. “Selamat kepada KPKNL Semarang atas pencapaian dan prestasinya. Walaupun memiliki beban kerja yang sangat tinggi tetapi tetap dapat memberikan pelayanan yang berkualitas kepada para pengguna jasa,” pungkasnya. (dny-HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini