Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Audit Sertifikasi ISO 9001:2015 Tahap I KPKNL Semarang
Deny Ariyanto
Kamis, 04 Oktober 2018   |   273 kali

SEMARANG – Audit Sertifikasi ISO 9001:2015 Tahap I oleh Auditor Eksternal dari PT TUVRheinland Indonesia telah dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 25 September 2018 di KPKNL Semarang.

Opening Meeting dibuka oleh Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Semarang, Wildan Ahmad Fananto. “Semoga acara hari ini berjalan dengan lancar. Harapan kami, disamping lulus sertifikasi ISO 9001:2015, KPKNL Semarang juga dapat memberikan pelayanan prima dan semakin baik ke depannya,” ujar Wildan.

Heru Subroto sebagai Auditor Eksternal dari PT TUVRheinland Indonesia, memperkenalkan diri dan memaparkan metode audit yang akan dilakukan. “Sertifikasi ini dilakukan agar semua kantor pelayanan di lingkungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia khususnya Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), nantinya mampu menjadi kantor pelayanan yang bertaraf nasional maupun internasional dan dapat memberikan kepastian terhadap layanan prima yang diberikan kepada para pemangku kepentingan (stakeholder) sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP),” jelas Heru.

Hadir pula dalam Opening Meeting tersebut, Kepala Bidang (Kabid) Kepatuhan Internal dan Hukum Informasi (KIHI) Kantor Wilayah DJKN Jawa Tengah dan DIY, Edi Suyanto. “Antusias KPKNL Semarang dalam mempersiapkan Sertifikasi ISO 9001:2015 ini sangat luar biasa. Kanwil dalam kapasitasnya sebagai Superintendent akan senantiasa melakukan pemantauan dan evaluasi setiap kegiatan persiapan Sertifikasi ISO 9001:2015 yang dilakukan rekan-rekan di lingkungan KPKNL. Tanpa dukungan pihak-pihak yang terkait, semua tidak dapat terwujud,” tutur Edi.

Auditor Eksternal melakukan interview dengan Top Manajement (Kepala KPKNL Semarang), dengan didampingi oleh Kasubbag Umum dan para Kepala Seksi serta Manajer Representative (Kepala Seksi Kepatuhan Internal). Tujuan dari penilaian Sertifikasi ISO 9001:2015 bukan hanya untuk mendapatkan sertifikat semata, tetapi agar mampu menerapkan Sistem Manajemen kepada para pemangku kepentingan sehingga mereka dapat merasakan pelayanan yang prima.

Turut mendampingi, Imron Hanafi selaku konsultan dari PT Kharisman Primanulang yang selama kurang lebih 5 (lima) bulan telah bertukar pikiran bersama KPKNL Semarang dalam mempersiapkan Audit Sertifikasi ISO 9001:2015 ini.

Sore harinya dilaksanakan Closing Ceremony, dengan agenda penyampaian hasil Audit Tahap I oleh Heru Subroto. Heru mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik antara Top Manajement, Manajemen Representative dan semua pihak yang terkait selama audit berlangsung, sehingga audit dapat berjalan dengan lancar. “Selamat, KPKNL Semarang layak untuk melanjutkan Audit Sertifikasi ISO 9001:2015 Tahap II. Untuk temuan atau saran dapat dilakukan perbaikan sampai dengan tanggal 15 dan 16 Oktober 2018,” pungkas pria yang pernah berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil itu.

“Perjuangan kita belum berakhir. Kita persiapkan sebaik-baiknya untuk Audit Tahap II di pertengahan bulan Oktober. Tetap semangat untuk kita semua,” cetus Wildan di akhir acara. (Foto: dny HI, teks: dny HI&Nurul)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini