KPKNL Samarinda menjadi satu dari tiga Kantor
Pelayanan yang akan mewakili DJKN sebagai peserta Kantor Pelayanan Terbaik
(KPT) di Lingkungan Kementerian Keuangan Tahun 2022. Sebelumnya Tim Seleksi
Internal DJKN telah melakukan penilaian pada Selasa (07/06) secara virtual
melalui media video conference(zoom)
yang dipimpin oleh Sekretaris DJKN Dedi Syarif Usman dengan tim penilai yaitu Kepala Bagian Organisasi dan
Tata Laksana Dedi Riswandi, Kepala Bagian Sumber Daya Manusia Rustanto, dan Kepala
Bagian Kepatuhan Internal Navis Zikra, dan Kepala Bagian Pengelolaan BMN, Rumah
Tangga dan Tata Usaha Moch. Arif Rochman.
Instrumen penilaian
KPT meliputi komponen pelayanan, sarana dan prasarana, inovasi, prestasi, serta
akan ada presentasi dan wawancaara oleh Tim Penilai. Komponen pelayanan terdiri
atas visi, misi, dan moto KPKNL Samarinda, standar pelayanan yang telah
ditetapkan oleh KPKNL Samarinda, serta survey kepuasan masyarakat dan pengguna
jasa pada KPKNL Samarinda. Sebagai Kantor Pelayanan, KPKNL Samarinda sadar
bahwa pelayanan terhadap pengguna jasa menjadi core value dari sistem yang telah ditetapkan serta senantiasa berkomitmen
untuk menetapi janji dan maklumat pelayanan. Pelayanan tersebut ditunjang
dengan sarana dan prasarana yang nyaman dan mudah diakses diantaranya dengan sistem
antrean layanan, buku tamu elektronik, area pelayanan terpadu, pojok e-SKPT,
ruang konsultasi, pojok baca, ruang laktasi, parkir prioritas, jalur khusus difabel,
playground, gudang arsip, tempat
ibadah, serta wadah bakumpul.
Sebagai upaya
menjaga kualitas layanan, KPKNL Samarinda menerapkan inovasi dalam pemberian
layanan, diantaranya inovasi SIPESUT (Sistem Informasi Pelayanan Satu Pintu),
Enggang Versi 2.0 (Elektronik Notifikasi Pengguna Jasa Kekayaan Negara, Piutang
Negara, dan Lelang), percepatan layanan kepada stakeholder yang meliputi
layanan penilaian, pengelolaan kekayaan negara, dan lelang dalam SOP Integrasi,
Wadah Babincang yang dimanfaatkan untuk internalisasi standar layanan yang
telah ditetapkan kepada stakeholder, dan
Kalkulator Untuk Lelang.
Pada tahun
2021 KPKNL Samarinda mendapat Peringkat 1 untuk IKPA kategori DIPA Kecil,
Peringkat 3 Penggunaan KKP dengan Realisasi Terbesar Berdasarkan Proporsi DIPA
Periode Semester I. KPKNL Samarinda juga berhasil menyabet predikat Wilayah
Bebas dari Korupsi (WBK) pada tahun 2020. Beberapa apresiasi dan penghargaan
dari stakeholder pernah diberikan kepada KPKNL Samarinda atas pelayanan dan
kerja sama dalam mendukung capaian recovery perbankan melalui lelang. Hal ini
selaras dengan semangat KPKNL Samarinda dalam memberikan layanan yang SIAP
(Sinergi Inovatif Akuntabel Profesional).
Kepala KPKNL
Samarinda Bagus Kurniawan menyampaikan bahwa KPKNL Samarinda dapat
mempersiapkan pemenuhan komponen penilaian berkat kerja keras dan semangat
seluruh pegawai. “Ini merupakan amanah dan kepercayaan yang diberikan oleh
pimpinan untuk mewakili DJKN dalam ajang penilaian KPT di Lingkungan
Kementerian Keuangan. Pencapaian ini tidak lain karena kerja sama dan kontribusi
seluruh elemen di KPKNL Samarinda, Kanwil, dan Kantor Pusat. Apapun hasilnya kita
akan mengupayakan yang terbaik”, ujar Bagus saat ditemui diruangannya.