Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Samarinda Wakili DJKN dalam Penilaian Kantor Pelayanan Terbaik Kemenkeu Tahun 2022
Linta Atina Rahmah
Selasa, 14 Juni 2022   |   168 kali

KPKNL Samarinda menjadi satu dari tiga Kantor Pelayanan yang akan mewakili DJKN sebagai peserta Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) di Lingkungan Kementerian Keuangan Tahun 2022. Sebelumnya Tim Seleksi Internal DJKN telah melakukan penilaian pada Selasa (07/06) secara virtual melalui media video conference(zoom) yang dipimpin oleh Sekretaris DJKN Dedi Syarif Usman dengan tim penilai yaitu Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Dedi Riswandi, Kepala Bagian Sumber Daya Manusia Rustanto, dan Kepala Bagian Kepatuhan Internal Navis Zikra, dan Kepala Bagian Pengelolaan BMN, Rumah Tangga dan Tata Usaha Moch. Arif Rochman.

Instrumen penilaian KPT meliputi komponen pelayanan, sarana dan prasarana, inovasi, prestasi, serta akan ada presentasi dan wawancaara oleh Tim Penilai. Komponen pelayanan terdiri atas visi, misi, dan moto KPKNL Samarinda, standar pelayanan yang telah ditetapkan oleh KPKNL Samarinda, serta survey kepuasan masyarakat dan pengguna jasa pada KPKNL Samarinda. Sebagai Kantor Pelayanan, KPKNL Samarinda sadar bahwa pelayanan terhadap pengguna jasa menjadi core value dari sistem yang telah ditetapkan serta senantiasa berkomitmen untuk menetapi janji dan maklumat pelayanan. Pelayanan tersebut ditunjang dengan sarana dan prasarana yang nyaman dan mudah diakses diantaranya dengan sistem antrean layanan, buku tamu elektronik, area pelayanan terpadu, pojok e-SKPT, ruang konsultasi, pojok baca, ruang laktasi, parkir prioritas, jalur khusus difabel, playground, gudang arsip, tempat ibadah, serta wadah bakumpul.

Sebagai upaya menjaga kualitas layanan, KPKNL Samarinda menerapkan inovasi dalam pemberian layanan, diantaranya inovasi SIPESUT (Sistem Informasi Pelayanan Satu Pintu), Enggang Versi 2.0 (Elektronik Notifikasi Pengguna Jasa Kekayaan Negara, Piutang Negara, dan Lelang), percepatan layanan kepada stakeholder yang meliputi layanan penilaian, pengelolaan kekayaan negara, dan lelang dalam SOP Integrasi, Wadah Babincang yang dimanfaatkan untuk internalisasi standar layanan yang telah ditetapkan kepada stakeholder, dan Kalkulator Untuk Lelang.

Pada tahun 2021 KPKNL Samarinda mendapat Peringkat 1 untuk IKPA kategori DIPA Kecil, Peringkat 3 Penggunaan KKP dengan Realisasi Terbesar Berdasarkan Proporsi DIPA Periode Semester I. KPKNL Samarinda juga berhasil menyabet predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada tahun 2020. Beberapa apresiasi dan penghargaan dari stakeholder pernah diberikan kepada KPKNL Samarinda atas pelayanan dan kerja sama dalam mendukung capaian recovery perbankan melalui lelang. Hal ini selaras dengan semangat KPKNL Samarinda dalam memberikan layanan yang SIAP (Sinergi Inovatif Akuntabel Profesional).

Kepala KPKNL Samarinda Bagus Kurniawan menyampaikan bahwa KPKNL Samarinda dapat mempersiapkan pemenuhan komponen penilaian berkat kerja keras dan semangat seluruh pegawai. “Ini merupakan amanah dan kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan untuk mewakili DJKN dalam ajang penilaian KPT di Lingkungan Kementerian Keuangan. Pencapaian ini tidak lain karena kerja sama dan kontribusi seluruh elemen di KPKNL Samarinda, Kanwil, dan Kantor Pusat. Apapun hasilnya kita akan mengupayakan yang terbaik”, ujar Bagus saat ditemui diruangannya.

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini