Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Dorong Pemulihan Ekonomi Pelaku UMKM, KPKNL Samarinda Lelang Puluhan Produk UMKM
Linta Atina Rahmah
Jum'at, 25 Maret 2022   |   184 kali

Bertepatan dengan 114 tahun Lelang Indonesia, DJKN menyelenggarakan Gebyar Lelang Produk UMKM sebagai bentuk dukungan terhadap pemulihan ekonomi sektor UMKM ditengah pandemi pada Kamis (24/03). Kegiatan ini diselenggarakan serentak pada kantor vertikal DJKN dengan melibatkan pembina UMKM dari berbagai wilayah di Indonesia.

Puncak acara 114 tahun Lelang Indonesia yang dirangkaikan dengan Pencangan Kedai Lelang Produk UMKM diawali dengan penyampaian laporan kegiatan dari Ketua Panitia, Joko Prihanto, selaku Direktur Lelang DJKN. Dalam laporannya Joko menyampaikan bahwa dalam gebyar lelang UMKM diberikan fleksibilitas lelang, extended auction, lelang tanpa uang jaminan, fitur khusus produk UMKM, dan adanya template serta video tutorial pengajuan permohonan lelang yang bertujuan untuk memudahkan pelaku UMKM.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Dirjen Kekayaan Negara, Rionald Silaban. Dalam sambutannya, Rionald menyampaikan bahwa sudah 114 berlalu sejak vendu reglement diundangkan dan menjadi dasar hukum lelang Indonesia. Selama itu pula kegiatan lelang telah mendorong serta mewarnai perekonomian nasional melalui penjualan barang yang mencerminkan fungsi publik dan privat. DJKN memiliki visi menjadi pengelola kekayaan Negara yang professional dan akuntabel untuk sebesar besarnya kemakmuran rakyat, demi mencapai visi tersebut DJKN mengemban misi untuk mewujudkan lelang yang efisien, transparent, akutabel, adil, dan kompetitif sebagai instrument jual beli yang mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat. Salah satu manifestasi visi dan misi DJKN tersebut yakni Portal Lelang.go.id.

Secara terpisah KPKNL Samarinda menyelenggarakan lelang produk UMKM yang berkolaborasi dengan Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara. Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan Bimbingan Teknis Pemasaran Produk UMKM Menggunakan Lelang.go.id yang dinarasumberi oleh Pelelang Ahli Muda KPKNL Samarinda, Alim Bahri Lumaela. Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara menyampaikan bahwa seluruh jajaran Kementerian Keuangan harus berkolaborasi untuk mendorong bangkitnya sektor UMKM, “Sinergi, kolaborasi, dalam rangka pemberdayaan UMKM diharapkan berkelanjutan dengan mengajak seluruh jajaran Kemenkeu di wilayah Kalimantan Timur dan Utara. Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan Insan Lelang Indonesia kepada pelaku UMKM agar pulih dan bangkit bersama Lelang Indonesia” tutur Kusumawardhani dalam sambutannya.

Dalam kesempatan yang sama pelaku UMKM juga dipandu untuk membuat akun lelang dan menyaksikan proses pembukaan penawaran lelang UMKM di KPKNL Samarinda. Dalam pelaksanaan lelang tersebut dari 39 lot terjual 15 lot lelang dengan total pokok lelang sejumlah Rp7.906.000,00. Produk yang dijual berupa Sarung Tenun Khas Samarinda, Kain Batik Tulis dengan motif khas Samarinda, dan produk kerajinan manik.

Pada kesempatan tersebut, pelaku UMKM Batik Lilis, Lilis Suryani, yang telah rutin menjualkan produknya melalui portal Lelang Indonesia menyampaikan bahwa dengan adanya program penjualan produk UMKM melalui lelang telah membantu penjualannya, “selama ini saya sudah setahun lebih bekerja sama dengan KPKNL Samarinda, sangat membantu UMKM kami, terima kasih untuk KPKNL yang selama ini membantu kami,” imbuhnya.

Kedepannya, KPKNL Samarinda akan terus menggalakan pemasaran produk UMKM melalui portal Lelang Indonesia. Diharapkan pelaku UMKM yang bermohon untuk pemasaran melalui lelang semakin bertambah dan produk yang dijual pun semakin beragam. (LAR/HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini