Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Festival Mahakam 2018, 3 Hari 13 Venue 30 Acara
Eko Priyanto
Kamis, 08 November 2018   |   592 kali

Samarinda, Sungai Mahakam terkenal sebagai salah satu Sungai terpanjang di Indonesia yang membentang di Kota Samarinda, Kabupaten Kutai Kartanegara hingga Kabupaten Kutai Barat. Selain menjadi tempat tinggal dari salah satu spesies ikan langka yaitu Pesut Mahakam, Sungai Mahakam menjadi ikon dari kota Samarinda. Bertujuan untuk semakin mengenalkan Sungai Mahakam diselenggarakanlah Festival Mahakam yang sudah diselenggarakan sejak tahun 1999. Pada tahun 2018 ini, festival yang masuk dalam 100 Wonderful Events Indonesia ini kembali diadakan di Kawasan Tepian Sungai Mahakam. Dengan penyelenggaraan tahun ini event lokal berskala nasional ini diharapkan bisa menjadi salah satu event yang berskala international seperti Erau International Festival and Arts Festival (EIFAF) yang juga dilaksanakan disekitar sungai Mahakam yaitu di Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Diawali dengan apik oleh kegiatan Borneo Offroad Adventure yang dilepas langsung oleh Walikota Samarinda, Syaharie Jaang. Festival Mahakam tahun ini memberikan sesuatu yang baru dengan mengusung konsep 3 Hari, 13 Venue, dan 30 acara. Salah satu acara yang disambut meriah oleh masyarakat adalah Pawai 1000 Mandau atraksi Mandau terbang, Mandau Sendiri adalah senjata tradisional Kalimantan yang dipakai oleh masyarakat suku dayak dan menjadi salah satu senjata khas suku dayak. Selain menyuguhkan keindahan sungai Mahakam, Festival ini banyak menampilkan kekayaan budaya kalilmantan timur mulai dari alat-alat tradisional, Pakaian Adat hingga Tari-tarian adat.

Pada Perhelatan kali ini diadakan pula berbagai Lomba bagi mayarakat, mulai dari anak-anak hingga dewasa diantaranya lomba menggambar hingga Mahakam batik fiesta yang juga diikuti anak-anak. Sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, lomba – lomba tematik yang baru diadakan tahun ini seperti lomba mendengar berhitung serta lomba bahasa inggris bagi Siswa Sekolah Dasar langsung menarik simpatik dan diikuti dengan antusiasme tinggi oleh anak-anak sekolah dasar dari samarinda dan sekitarnya.

 Melanjutkan tradisi dari tahun tahun sebelumnya lomba-lomba dari  cabang olahraga air pastilah sangat ditunggu oleh masyarakat. Masih diselenggarakan di sungai Mahakam, lomba Perahu Naga memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, juga Lomba Jetski hingga lomba berenang menyebrangi sungai Mahakam yang juga menjadi Ikon dari festival ini, banyak pendatang yang bukan orang samarinda menantikan lomba yang satu ini, karena saking uniknya, masyarakat sudah menunggu di sekitaran tepian Mahakam sejak pagi, tontonan yang satu ini sangat diminati masyarakat.

Bagi para penggemar music di kota samarinda dan sekitarnya, Festival Mahakam tahun ini menyuguhkan Mahakam Jazz Fiesta yang dihelat di tepian Mahakam dengan view sungai Mahakam di malam hari serta live music dari beberapa group music dari berbagai genre dari samarinda dan sekitarnya.

Dan untuk memperkenalkan tari tarian khas Kalimantan timur diadakan pula lomba Tari-tarian khas Kalimantan Timur di Panggung Budaya. Mulai dari tari kreasi masyarakat pesisir, hingga tari-tarian khas suku dayak dan kutai ditampilkan dalam penyelenggaraan tahun ini, Salah satunya adalah Tarian Mandau terbang yang ditampilkan dengan apik oleh Siswi SMP N 4 Samarinda, tarian ini cukup menarik karena walaupun bukan menggunakan mandau asli, tarian ini dikemas menarik sehingga menunjukan seakan mereka sedang menjalankan ritual tersebut.

Tahun ini pihak penyelenggara mengundang beberapa tamu dari Negara lain untuk ikut berpartisipasi diantara nya dari Negara Spanyol, Malaysia dan India. Mereka menampilakan beberapa Tarian khas dari masing – masing Negara, salah satunya adalah Grupo De Baile Sur De Andalucia menampilan salah satu tarian khas dari spanyol.

Dari penyelenggaraan tahun ini, kami sebagai pengunjung yang notabene bukan lahir di Kalimantan timur, Festival ini banyak memberikan pengetahuan tentang budaya hingga adat masyarakat asli Kalimantan timur yang sangat menarik. Dari festival ini pula, kami seperti diberikan gambaran betapa vitalnya sungai Mahakam bagi masyarakat Kalimantan timur, khususnya samarinda dan sekitarnya. Bukan hanya sebagai symbol, lebih dari itu sungai Mahakam mungkin banyak menyimpan cerita bagi warga Kalimantan timur dan sering menghabiskan sore harinya di tepian sungai yang legendaris ini.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini