Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Pemusnahan Security Paper di KPKNL Samarinda
Panji Iskandar Panca Sakti
Selasa, 21 Agustus 2018   |   335 kali

Samarinda – Selasa (21/8) Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang ( KPKNL )  Samarinda melakukan pemusnahan 28 Lembar security paper  yang rusak dikarenakan kesalahan pengetikan, salah pencetakan maupun cacat tidak bisa dipakai.

Bertempat di ruang rapat kantor pelayanan kekayaan Negara dan lelang ( KPKNL ) Samarinda kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Samarinda Eny Widiyanti, Plh. Kepala Seksi Kepatuhan Internal KPKNL Samarinda Eko Priyanto, beserta perwakilan dari Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara Satrio Hermawan.  

Pemusnahan ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan penyalahgunaan security paper serta untuk melakukan tertib administrasi sesuai yang diatur pada Peraturan Direktur Jenderal Kekayaan Negara Nomor PER-2/KN/2012 pasal 16 ayat ( 3) dan ( 4 ) yang menyatakan apabila terdapat kesalahan dalam pengetikan dan/atau pencetakan kutipan risalah lelang pada kertas sekuriti yang menyebabkan security paper tidak jadi digunakan untuk kutipan risalah lelang, maka security paper tersebut disimpan di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) untuk kemudian dimusnahkan/dihancurkan pada masing-masing KPKNL. Pemusnahan disaksikan oleh perwakilan Kanwil dan dibuatkan Berita Acara Pemusnahan/Penghancuran security paper.

Security paper sendiri merupakan kertas khusus untuk mencetak kutipan risalah lelang, yang dibuat untuk meningkatkan perlindungan hukum kepada pembeli lelang dengan memberikan fitur - fitur keamanan berupa pemberian nomor seri yang berbeda dan dibuat menggunakan kertas khusus sehingga sulit untuk dipalsukan.

Pemusnahan 28 lembar security paper tersebut dilakukan menggunakan mesin penghancur kertas, Kemudian setelah itu dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Pemusnahan Security Paper yang ditandatangai oleh Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Samarinda dan Perwakilan dari Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara.  ( Seksi HI KPKNL Samarinda )

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini