Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Pengenalan Tugas dan Fungsi KPKNL Samarinda Kepada Kalangan Pelajar
Eko Priyanto
Kamis, 01 Maret 2018   |   274 kali

Samarinda - Bertepatan dengan pekan peringatan 110 Tahun Lelang Indonesia, KPKNL Samarinda mengadakan kegiatan edukasi kepada kalangan pelajar di Kota Samarinda. Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan institusi DJKN pada umumnya dan KPKNL Samarinda khususnya serta tugas dan fungsinya. Kalangan pelajar yang menjadi sasaran kegiatan kali ini adalah siswa-siswi SDN 11 Samarinda pada (23/2) dan SMKN 4 Samarinda pada (26/2).

Tim KPKNL Samarinda menuju SDN 11 Samarinda dipimpin Kepala KPKNL Samarinda, Nikodemus Sigit Rahardjo. Para siswa sangat antusiasme saat menyaksikan video yang memberikan penjelasan tugas dan fungsi KPKNL Samarinda. Kesempatan ini juga dimanfaatkan untuk memperkenalkan lelang dengan menggelar simulasi lelang secara sederhana disertai dengan permainan dan pembagian hadiah bagi yang beruntung.

Sementara itu, edukasi di SMKN 4 Samarinda juga dipimpin Kepala KPKNL Samarinda. Namun, kegiatan  kali ini dikemas lebih serius dibanding kegiatan dengan siswa SDN 11 Samarinda. Kegiatan dibuat lebih santai dan mengasyikkan. Diawali dengan pemutaran video pengenalan institusi DJKN dan KPKNL kemudian dilanjutkan pemaparan proses pelaksanaan lelang secara online.

 Diharapkan siswa-siswa ini mengetahui bahwa ada sarana jual beli selain apa yang sudah mereka kenal selama ini. Sarana jual beli yang bisa menjadi alternatif dan lebih menguntungkan yakni dengan cara lelang. Materi tentang lelang yang dipaparkan Pejabat Lelang, Supang Priyana dilakukan dengan santai agar mudah dimengerti. Para siswa SMKN 4 begitu bersemangat mengikuti kegiatan ini, terbukti ada beberapa pertanyaan yang cukup serius mereka lontarkan.

Di akhir sesi diadakan simulasi lelang barang-barang yang menarik bagi para remaja. Pelaksanaan lelang ini dibuat mendekati kondisi riil pelaksanaan lelang secara konvensional. Diawali dengan penyetoran uang jaminan yang nilainya disesuaikan dengan uang saku mereka. Proses simulasi lelang berjalan cukup seru dan terjadi persaingan sengit diantara para siswa, ada raut senang bagi pemenang dan sebaliknya ada raut kesedihan bagi yang kalah. Apalagi setelah pada akhir sesi simulasi, Kepala KPKNL mengumumkan bahwa barang yang udah terjual diberikan secara gratis dan semua uang jaminan dikembalikan secara utuh tampak raut penyesalan bagi siswa yang tidak menawar barang secara maksimal.

Menutup acara Kepala KPKNL Samarinda, Niko berharap kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi siswa-siswi SMKN 4 Samarinda dan bisa makin mengenalkan institusi DJKN dan juga KPKNL kepada masyarakat luas. (HI KPKNL Samarinda)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini