Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
BMN AWARD, KEGIATAN KPKNL PURWOKERTO DALAM GLV 2020
Rani Setioyani
Kamis, 19 November 2020   |   159 kali

Dalam gelaran Gebyar HUT-14 DJKN, Gerai Layanan Virtual sebagai puncak perayaannya dimeriahkan dengan berbagai macam kegiatan di masing-masing KPKNL. BMN Award dipilih KPKNL Purwokerto sebagai salah satu acara yang diselenggarakan saat GLV tanggal 12 November 2020 kemarin. Acara BMN Award sendiri sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya yang diselenggarakan baik oleh Kantor Pusat DJKN maupun kantor-kantor vertikal di daerah. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Acara BMN Award tahun ini diselenggarakan secara virtual menggunakan aplikasi zoom. Satuan kerja yang berada di wilayah kerja KPKNL Purwokerto terdiri dari 248 satuan kerja yang terbagi dalam 7 kabupaten yaitu Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Cilacap, Kebumen dan Purworejo. Satuan kerja yang diundang dalam acara ini adalah satuan kerja yang masuk sebagai nominasi dalam setiap kategorinya.

Penganugerahan BMN Award 2020 KPKNL Purwokerto akan dibagi dalam 4 kategori yaitu Kategori Kualitas Pelaporan BMN Terbaik, Kategori Utilisasi BMN Terbaik, Kategori Pelaksanaan Revaluasi BMN Terbaik dan Kategori Peer Collaboration Terbaik. Periode penilaian BMN Award ini dimulai dari awal semester 2 tahun 2019 sampai dengan akhir semester 1 tahun 2020. Kategori Kualitas Pelaporan BMN Terbaik termasuk di dalamnya aspek pengawasan dan pengendalian serta efektivitas perencanaan kebutuhan BMN (RKBMN) dimenangkan oleh Universitas Jenderal Soedirman. Untuk Kategori Utilisasi BMN Terbaik diberikan kepada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cilacap karena memiliki aspek penggunaan, optimalisasi BMN untuk mendapatkan PNBP maupun optimalisasi penggunaan sesuai standar kebutuhan (SBSK) terbaik. Kategori selanjutnya Kategori Pelaksanaan Revaluasi BMN Terbaik diberikan kepada Universitas Jenderal Soedirman sebagai apresiasi atas upaya-upaya secara optimal dalam proses revaluasi BMN mulai tahun 2017 sampai dengan tahun 2020 baik meliputi jumlah NUP, Nilai BMN, koordinasi dan tindak lanjut pelaksanaan revaluasi. Dan kategori terakhir yaitu Kategori Peer Collaboration Terbaik dimenangkan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Purbalingga dalam hal kerjasama bidang pengelolaan BMN diantaranya pengamanan BMN melalui program sertifikasi maupun optimalisasi BMN melalui penyediaan data untuk perhitungan SBSK dan portofolio aset.

Penatausahaan Barang Milik Negara merupakan salah satu unsur penting dalam suatu laporan keuangan sehingga sesuai amanat PP nomor 27 tahun 2014, Kementerian Keuangan berupaya menyempurnakan regulasi dalam pengelolaan BMN yaitu dengan menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan sebagai petunjuk pelaksanaan pengelolaan BMN yang transparan dan akuntabel. Dengan adanya BMN Award ini diharapkan dapat semakin memacu satuan kerja di daerah untuk senantiasa pelaksanakan pengelolaan BMN yang baik.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini