Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
IAIN Purwokerto, Satu Kata Untuk KPKNL Purwokerto Amazing!
Sri Supangati
Jum'at, 11 Oktober 2019   |   227 kali

Purwokerto Kamis, 10 Oktober 2019, KPKNL Purwokerto menerima kunjungan 19 (sembilan belas) mahasiswa IAIN Purwokerto di ruang rapat lantai dua. Kunjungan tersebut diadakan dalam rangka outing class dan observasi terkait mata kuliah Appraisal pada program studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Dalam jual beli penjual yang baik akan mendapatkan testimoni yang baik pula dari pembeli. Diyakini bahwa testimoni terbaik dari seorang pembeli adalah repeat order (pembelian ulang). Selayaknya jual beli, pelayanan yang diberikan sebuah institusi dalam hal ini satuan kerja kepada stakeholder (pengguna jasa) adalah tolok ukur keberhasilan. Setali tiga uang adalah kembalinya mahasiswa IAIN melaksanakan kunjungan tersebut, mengulang apa yang dilakukan kakak angkatan mereka pada tahun sebelumnya. Kesan baik kegiatan sebelumnya membuat mereka memberikan referensi kepada angkatan selanjutnya untuk mengulang kegiatan yang sama.

Acara dibuka dengan sambutan dari Plh. Kepala KPKNL Purwokerto, Doni Indarto yang menyambut baik kegiatan ini. Semoga apa yang didapat oleh peserta akan bermanfaat dan menjadi bekal yang berguna di masa yang akan datang. Dalam sesi ini sekaligus disampaikan materi tentang profil KPKNL Purwokerto, diawali pemutaran sebuah video. Dalam video singkat berdurasi 6 (enam) menit tersebut, peserta dapat melihat gambaran umum tugas pokok dan fungsi KPKNL Purwokerto beserta wilayah kerjanya yang meliputi 7 (tujuh) kabupaten yaitu Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Purworejo, dan Kebumen. Selanjutnya Doni menjelaskan lebih detail mengenai proses bisnis yang dilakukan DJKN dan sejarah panjang DJKN hingga seperti saat ini. Seluruh peserta terlihat sangat antusias menyimak serta mencatat poin-poin penting yang dijelaskan. Peserta tampak lebih memahami tugas pokok dan fungsi KPKNL Purwokerto sebagai unit vertikal di DJKN, ditandai dengan pertanyaan-pertanyaan berbobot dan detail yang diajukan peserta.

Acara dilanjutkan dengan sesi inti yaitu pemaparan oleh Kepala Seksi Pelayanan Penilaian, Diah Sulastini Rochimah mengenai penilaian yang dilakukan oleh DJKN. Materi mencakup dasar hukum, teori-teori dalam penilaian, prinsip penilaian, dan praktik di lapangan yang dilakukan oleh Penilai DJKN selama ini. Peserta diharapkan dapat lebih mudah memahami konsep dan praktik melalui pemaparan materi mengenai pendekatan dan metode penilaian disertai dengan contoh. Selesai pemaparan, peserta diberikan kesempatan untuk bertanya dalam sesi tanya jawab. Antusiasme terlihat dari banyaknya peserta yang mengangkat tangan untuk bertanya. Beberapa pertanyaan bersifat teknis bahkan mengarah langsung pada substansi permasalahan yang dapat dijawab dengan baik oleh pemateri dan dapat dipahami dengan baik oleh peserta.

Seusai sesi tanya jawab, untuk menguji bertambahnya pengetahuan peserta sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan, diajukan beberapa pertanyaan oleh pembawa acara staf Seksi Pelayanan Penilaian. Seluruh pertanyaan dapat dijawab dengan baik oleh peserta terlihat dari ludesnya reward yang disediakan oleh panitia. Di akhir acara, para mahasiswi IAIN diberikan kesempatan untuk menyimpulkan dalam satu kata terkait kegiatan tersebut. Akhirnya mereka sepakat meneriakkan kalimat KPKNL Purwokerto “Amazing”. Mereka merasa bahwa kegiatan yang dilakukan memberikan tambahan pengetahuan, pengalaman, dan pencerahan untuk mata kuliah terkait. (Seksi PP dan HI - Humas KPKNL Purwokerto)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini