Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Dialog Terbuka Dengan Warga, Kepala KPKNL Purwakarta Gali Potensi PNBP Aset Eks PT PPA di Karawang
Irfan Fanasafa
Jum'at, 25 Juni 2021   |   183 kali

Purwakarta – Sebagai tindak lanjut pengamanan fisik pada aset properti Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat eks kelolaan PT. Perusahaan Pengelolaan Aset (PPA) Persero di tiga kabupaten yaitu Purwakarta, Subang dan Karawang melalui pemasangan papan nama aset, Kepala KPKNL Purwakarta Nunung Ekolaksito didampingi Kepala Seksi PKN Wiwin Rianto sambangi aset Nomor PRK-0017169 dengan luas 342.905 m2 di Karawang.

Kegiatan pemasangan yang telah dilaksanakan dari tanggal 19 Mei 2021 s.d. 26 Mei 2021 oleh Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Purwakarta Wiwin Rianto beserta pelaksana Muhajirin, serta wakil kerja Darmawan. Pemasangan tersebut mengacu kepada Keputusan Dirjen KN Nomor 171/KN/2017 tentang Pedoman Teknis Penatausahaan, Pemeliharaan, dan Pengamanan Aset Eks. BPPN, Eks. Kelolaan PT PPA (Persero), dan Eks. BDL. Adapun pemasangan di lapangan


Pada kesempatan ini Eko menyempatkan diri untuk berdialog secara kekeluargaan dengan warga sekitar yang telah terlanjur menyewa lahan secara ilegal. Hasil dari dialog tersebut ditemukan bahwa latar belakang penyewaan lahan kepada pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab karena kurangnya pengetahuan warga/petani penggarap akan sanksi hukum terhadap aset negara yang dimanfaatkan dan risiko kerugian yang akan timbul di kemudian hari atas biaya-biaya yang terlanjur dikeluarkan kepada pihak ketiga secara ilegal.

Selanjutnya Eko memahamkan warga bahwa bila menyewa secara legal melalui Kanwil DJKN Jawa Barat harga sewa akan lebih kompetitif dan pasti menurut hukum juga sebagai warga negara para petani/warga telah berkontribusi terhadap Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Di akhir kunjungan warga berharap bahwa dialog yang dilaksanakan Kepala KPKNL Purwakarta beserta jajarannya dapat secara kontinyu dilaksanakan karena manfaat positif yang dirasakan dan sebagai sarana penerangan lebih lanjut akan pentingnya pengamanan aset negara demi kemakmuran rakyat. (narasi/foto : seksi HI)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini