Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Donasi KPKNL Purwakarta di tengah Pandemi Covid-19
Irfan Fanasafa
Kamis, 16 April 2020   |   177 kali

Mitigasi penyebaran Covid-19 baik oleh pemerintah pusat maupun daerah dengan meliburkan Lembaga-lembaga Pendidikan, model kerja di rumah (Work From Home-WFH) bagi kantor-kantor pemerintah serta kantor-kantor swasta dan juga pembatasan kerumunan masa telah membawa efek sosial ekonomi berupa menurunnya pendapatan sebagian besar golongan kecil menengah diantaranya yang bergerak di bidang jasa transportasi, penjual makanan keliling dan kaki lima.

Terbatasnya tenaga medis dan prasarana penunjang penanganan pasien Covid-19 seperti APD, Sanitizer, Masker dan alat medis lainnya juga menjadikan permasalahan tersendiri bagi para Dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya dalam menangani pasien-pasien baik yang berstatus suspect ataupun positif di tengah wabah yang telah dinyatakan sebagai pandemi global oleh World Health Organization (WHO) pada 11 Maret 2020 lalu.

Sebagai bentuk kepedulian sosial sebagaimana arahan pemerintah yang secara khusus sering disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam berbagai media dan video conference dengan berbagai pihak, KPKNL Purwakarta mengadakan bakti sosial berupa penggalangan donasi sukarela di kalangan internal selama kurun 2 hari dimulai dari tanggal 12 April sd. 13 April 2020. Media komunikasi penggalangan dilakukan melalui group whatsapp internal sebagaimana arahan pemerintah untuk tetap produktif dengan model kerja WFH.

Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, pada hari Selasa tanggal 14 April 2020 hasil penggalangan donasi berhasil didistribusikan, mewakili Kepala KPKNL Purwakarta Risang Hanung Hascarya, Sayidi Kepala Seksi Kepatuhan Internal secara simbolis memberikan 40 paket sembako kepada salah seorang koordinator Ojol (Ojek Online) Purwakarta dan paket hand sanitizer kepada perwakilan Puskesmas Kecamatan Purwakarta. Paket sembako dan masker juga dibagikan kepada ‘Akang-akang’ penarik becak di sekitaran Pasar Rebo Purwakarta serta Sumbangan dengan media transfer bank kepada Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung untuk pengadaan suplemen dan vitamin bagi tenaga-tenaga medis.

Dalam kesempatan terpisah, Risang Hanung Hascarya berharap bantuan ini mampu meringankan beban sosil masyarakat kecil menengah ke bawah sekaligus dukungan penuh segenap pegawai KPKNL Purwakarta bagi tenaga-tengan medis yang ‘berjibaku’ tak kenal lelah menangani pasien Covid-19 yang terus bertambah di berbagai unit-unit kesehatan. (Foto/narasi : Seksi HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini