Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Dirjen Kekayaan Negara Lakukan Kunjungan Kerja ke KPKNL Purwakarta
M. Muharram Arif
Jum'at, 20 April 2018   |   429 kali

Purwakarta - Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata melakukan kunjungan kerja ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Purwakarta pada Jum’at,(2/4). Kunjungan diawali dengan olah raga bersama mengelilingi Taman Sribaduga Situ Buleud Purwakarta. Didampingi oleh Sekretaris DJKN Dodi Iskandar, Kepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat Nuning Sri Rejeki Wulandari dan Kepala KPKNL Purwakarta Tatang Maulana. Dilanjutkan dengan peninjauan ke area pelayanan terpadu/APT, ruang arsip, dan seluruh ruang kerja KPKNL Purwakarta.


Acara dilanjutkan dengan pengarahan Direktur Jenderal Kekayaan Negara kepada seluruh jajaran pegawai KPKNL Purwakarta, yang dilaksanakan di ruang rapat KPKNL Purwakarta.

Kegiatan Pengarahan Direktur Jenderal Kekayaan Negara diawali dengan menyanyikan Mars DJKN  dan dilanjutkan sambutan Kepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat. Dalam sambutannya, Nuning mengucapkan terima kasih kepada Direktur Jenderal Kekayaan Negara yang hingga hari ini sudah mengunjungi lima KPKNL di Wilayah Kanwil DJKN Jawa Barat. Hal ini menjadi kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri bagi Kanwil DJKN Jawa Barat. “Semoga dengan kunjungan Dirjen Kekayaan Negara ini menimbulkan semangat, motivasi dan dorongan supaya KPKNL jadi lebih giat dan berprestasi,” ujarnya.


Selanjutnya, dalam sambutannya, Kepala KPKNL Purwakarta Tatang Maulana mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Direktur Jenderal Kekayaan Negara yang sudah mengunjungi KPKNL Purwakarta dan berkenan berolah raga di salah satu lokasi wisata di Purwakarta yaitu Taman Sribaduga Situ Buleud.

Kepala KPKNL Purwakarta juga menyampaikan mengenai profil KPKNL Purwakarta meliputi komposisi pegawai, budaya, wilayah kerja, progress revaluasi dan capaian kinerja piutang negara, pelayanan lelang. “Semoga dengan kehadiran Dirjen Kekayaan Negara ke KPKNL Purwakarta senantiasa membawa keberkahan bagi seluruh pegawai KPKNL Purwakarta,” harapnya.


Dalam arahannya, Isa Rachmatarwata menyampaikan apresiasi kepada KPKNL Purwakarta karena bisa menyambut kedatangan Direktur Jenderal Kekayaan Negara dengan kondisi yang tidak terlalu berubah dari kondisi kebiasaan. Pada dasarnya Direktur Jenderal Kekayaan Negara sangat mendukung budaya kebersamaan yang dibangun di KPKNL Purwakarta, seperti makan bersama setiap selasa, jumat dan ibadah berjamaah.


Terkait dengan kinerja, dengan tantangan yang semakin meningkat di tahun 2018 ini, KPKNL Purwakarta dapat membandingkan dengan KPKNL lain yang memiliki target lebih tinggi sehingga meningkatkan semangat. “Namun demikian, target kinerja yang tinggi juga jangan sampai membuat pekerjaan menjadi tidak sehat. Misalnya pada seksi pelayanan lelang, frekuensi lelang yang tinggi menyebabkan pekerjaan yg terlalu diforsir bisa menyebabkan laporan tidak sesuai, timbul gugatan atau hal – hal lainnya,” ungkapnya.


Beberapa optimalisasi dapat dimulai dari KPKNL sendiri, misalnya membangun kapasitas kompetensi SDM yang ada. Kepala kantor perlu menganalisis lebih jauh apakah dengan potensi SDM yang ada masih dapat ditingkatkan kapasitasnya. Pekerjaan harus dilihat lebih detail supaya terjadi peningkatan kinerja.


Dalam hal pengurusan piutang negara, dengan adanya 70 berkas kasus yang sudah lama tidak “disentuh” di KPKNL Purwakarta, ia berharap alangkah baiknya jika pihak – pihak terkait duduk bersama untuk mencari cara menyelesaikan berkas-berkas tersebut. “Hal-hal seperti ini sebaiknya disampaikan untuk diketahui oleh Kantor Pusat DJKN.

Terkait dengan seksi Penilaian/ PKN, dengan dilaksanakannya revaluasi BMN bisa timbul potensi baru untuk utilisasi BMN, mengingat target utilisasi BMN yang tinggi. Asalkan tekun dan konsisten melakukan pekerjaan kita pasti target akan tercapai. Jika target belum tercapai, tingkatkan kapasitas kita.


Hal penting yang diingatkan kepada segenap pejabat dan pegawai di KPKNL Purwakarta adalah bahwa terkait dengan integritas, pada akhirnya diri kita masing – masing yang bisa membuat diri kita menjadi lurus. “Hendaknya kita tidak membiasakan pemberian tanpa permintaan itu suatu hal yang sah. Pada dasarnya kita tidah berhak satu rupiah pun atas hal tersebut karena pekerjaan kita sudah dibayar oleh negara,” ujarnya. “Secara nasional seluruh pegawai sedang berusaha terus menerus menghilangkan prasangka buruk terhadap Kemenkeu, sehingga jangan sampai kita lengah karena selain Tuhan Yang Maha Esa, selalu ada yang memantau bahwa Kemenkeu berintegritas. DJKN akan segera diperhatikan oleh Menteri Keuangan terkait reformasi organisasi maupun orang – orang di dalamnya,” ungkapnya.


Hal yang perlu diperhatikan pada KPKNL Purwakarta adalah pengisian jabatan yang kosong, khususnya Kepala Seksi Kepatuhan Internal. Untuk mengisi jabatan tersebut sebaiknya orang yang memiliki sikap yang bebaur dengan baik dengan seksi – seksi lain, namun tetap memiliki cukup jarak untuk tidak segan mengingatkan tentang integritas kepada segenap pejabat dan pegawai.


Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Negara menyampaikan bahwa terkait revaluasi BMN, setelah menjadi sampling Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap laporan penilaian Revaluasi BMN tahun 2017, KPKNL Purwakarta dihimbau untuk bersiap – siap untuk kembali dilakukan sampling oleh Kantor Pusat DJKN (Direktorat BMN/ Penilaian).

Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat juga menambahkan bahwa selain oleh BPK, terhadap laporan penilaian revaluasi BMN juga telah dilakukan monitoring dan evaluasi oleh Kanwil DJKN Jawa Barat dan diharapkan untuk segera ditindaklanjuti. Potensi sumber daya manusia juga perlu dioptimalkan atau diperbaiki. Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat juga memberikan masukan terkait jabatan yang kosong, khususnya kepala seksi kepatuhan internal, diharapkan tenaga – tenaga muda, tidak terlalu senior sehingga bisa memberikan kinerja yang optimal.


Selanjutnya, Nuning selaku moderator memberikan kesempatan kepada seluruh pegawai untuk menyampaikan pertanyaan serta masukan dan disambut dengan antusias oleh para pegawai. Pertanyaan dan masukan yang disampaikan terkait,Lelang, revaluasi BMN, Piutang Negara, Penilaian, dan Kepegawaian. Para pegawai merasa puas atas tanggapan yang disampaikan Dirjen Kekayaan Negara maupun Sekretaris Ditjen Kekayaan Negara.

Di akhir kegiatan, Isa memberikan motivasi dan semangat kepada seluruh pegawai agar senantiasa menjaga integritas dalam bekerja, dan tetap semangat dalam menuntaskan revaluasi BMN, diharapkan kunjungan kerja Direktur Jenderal Kekayaan Negara ke KPKNL Purwakarta pada hari ini menjadi pemicu semangat, motivasi dan dorongan yang tinggi, sehingga segenap pejabat dan pegawai di lingkungan KPKNL Purwakarta termotivasi untuk bekerja lebih giat dan berprestasi. (Naskah dan Fofo:  Seksi HI KPKNL Purwakarta)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini