Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Purwakarta Canangkan Zona Integritas
M. Muharram Arif
Jum'at, 23 Februari 2018   |   627 kali

PURWAKARTA - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Purwakarta mencanangkan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Aula KPKNL Purwakarta, Jl. Siliwangi No. 9, Kelurahan Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Kamis (22/2).

Pencanangan tersebut ditandai dengan penandatanganan Piagam Pencanangan Zona Integritas yang ditandatangani Kabag Umum Kanwil DJKN Jawa Barat Dewi Rahayu, Kepala KPKNL Purwakarta Tatang Maulana, serta Kepala Cabang BJB Syariah Purwakarta sebagai perwakilan satuan kerja (satker).

Pada kesempatan yang dihadiri 28 satker di Purwakarta, Subang, dan Karawang tersebut, Kepala KPKNL Purwakarta juga membacakan serta menandatangani Maklumat Pelayanan. “Alhamdulillah saat ini kita berkumpul dan bersilaturahmi dalam acara yang luar biasa, yakni pencanangan pembangunan zona integritas WBK dan WBBM,” tutur Tatang.

Di lingkungan Kementerian Keuangan sendiri, sambungnya, nilai-nilai anti korupsi seperti ini sebenarnya sudah sangat lazim disuarakan. “Ini sebagai penegasan tekad kami yang siap membangun zona integritas. Adapun Purwakarta ini menjadi salah satu dari 11 KPKNL se-Indonesia yang terpilih untuk mengikuti lomba kantor zona integritas,” ujarnya.

Dengan ditandatanganinya piagam dan maklumat tersebut, kata Tatang, pihaknya menjamin pelayanan di KPKNL Purwakarta benar-benar menjunjung standar integritas pelayanan dan SOP. “Kami ingin memberitahukan kepada khalayak bahwa pelayanan itu ada ukuran waktu dan biaya. Kapan selesainya, berapa biayanya, semuanya jelas dan transparan,” imbuhnya.

Tatang juga dengan tegas meminta kepada seluruh satker yang hadir apabila ke depan menemukan hal-hal yang tidak sesuai atau menyalahi aturan agar jangan segan untuk segera melaporkannya. “Sebagai kantor pelayanan, KPKNL juga ikut memproklamirkan bahwa kita sepakat dan tak ingin pelayanan di Purwakarta tercemari hal-hal tercela,” katanya tegas.

Dirinya berharap tekad KPKNL dalam membangun zona integritas ini mendapat dukungan semua pihak. “Kami mohon dukungan apa yang kita canangkan ini bisa benar-benar dijalankan. Silakan memberikan masukan atau kritikan yang bersifat konstruktif, kami selalu terbuka,” ucap Tatang.

Lebih lanjut,  Tatang mengatakan bahwa karakter dan kualitas kepala kantor sebagai agen perubahan bisa sangat menentukan. “Akan sangat susah mewujudkan zona integritas kalau tidak ada role model, yakni kepala kantor itu sendiri. Sehingga pada saat kita memasuki zona ini, tak hanya kepala kantor saja, melainkan juga harus sampai level paling bawah yang berkomitmen,” papar Tatang.

Tatang meyakini esensi kebaikan adalah dengan menjalankan ibadah sesuai dengan agama. Pasalnya, kata dia, suasana kebatinan yang baik dapat menangkal hal-hal yang dapat mengganggu zona integritas.

“Kami secara rutin menggelar tausiyah dan pengajian. Bahkan, ada program tilawah dua minggu khatam, yakni 26 karyawan patungan juz. Alhamdulillah sudah sampai 10 kali khatam,” pungkasnya. (Foto dan naskah Seksi HI KPKNL Purwakarta)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini