Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Purwakarta WakiliI DJKN dalam Lomba Pengarus Utamaan Gender
N/a
Senin, 15 Agustus 2016   |   873 kali

Purwakarta - Rabu (10/8), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Purwakarta kedatangan Tim Penilai Kantor Pengimplementasian Pengarusutamaan Gender (PUG).

Tim terdiri dari pakar gender Yulfita Raharjo dan Yurni Satriya serta Kepala Bagian Perencanaan Biro Perencanaan dan Keuangan Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan Suroso.

Selain KPKNL Purwakarta tim penilai juga mengunjungi empat Kantor Vertikal Kementerian Keuangan lainnya yaitu Balai Pengujian dan Identifikasi Barang (BPIB) Jakarta, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Subang, Kantor Perbendaharaan Negara (KPPN) Surakarta, dan Balai Diklat Keuangan (BDK) Palembang.

Kementerian Keuangan mempunyai komitmen kuat untuk mendorong pelaksanaan PUG di antaranya dengan mengadakan lomba pelaksanaan PUG. Kriteria penilaian terdiri dari35% pemahaman PUG, 35% Kebijakan Responsif Gender serta 30% Prasarana fisik gedung. Demikian dijelaskan Suroso

“PUG adalah strategi yang dibangun untuk mengintegrasikan perspektif gender menjadi satu dimensi integral dari perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi atas kebijakan dan program pembangunan nasional,” lanjut Suroso.

“Hal ini dilatarbelakangi oleh Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 tentang PUG dalam pembangunan nasional serta Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 tentang RPJM Nasional 2015-2019 yang didalamnya terdapat pengarusutamaan gender,” imbuhnya melengkapi.

Kepala KPKNL Purwakarta Adriana Viveryanti menjelaskan KPKNL Purwakarta memiliki komposisi pegawai 23 orang laki-laki, dan 7 orang wanita, yang dikepalai oleh seorang wanita.

Lebih jauh Adriana menjelaskan setiap pegawai laki-laki dan perempuan diberikan kesempatan yang luas untuk mengikuti diklat yang menambah kompetensi pegawai dan akhirnya akan memperbaiki kinerja organisasi. “Tahun 2016 ini dari 7 orang pegawai wanita, 5 orang sudah mengikuti diklat dan 2 orang sedang menunggu jadwal pelaksanaan diklat,” kata Adriana.

Adriana mengungkapkan sarana dan prasarana yang disediakan KPKNL Purwakarta juga sudah mendukung pengimplementasian PUG seperti parkir untuk perempuan, satpam perempuan, ruang nursery yang dilengkapi lemari pendingin ASI dan baby tafel serta tempat bermain dan ruang membaca untuk anak. “ Sarana tersebut disediakan untuk para pegawai dan pengunjung wanita,” jelasnya.Selain ramah untuk wanita, KPKNL Purwakarta juga menyediakan berbagai fasilitas untuk penyandang difabilitas.  Demikian Adriana menjelaskan.

“KPKNL Purwakarta bekerja sama Puskesmas Kabupaten Purwakarta juga telah melaksanakan sosialisasi ASI eksklusif, yang diikuti oleh seluruh Pegawai KPKNL Purwakarta pada tanggal,” ungkap Adriana. Adriana menambahkan pada kesempatan mendatang, KPKNL Purwakarta akan melakukan Sosialisasi kembali terkait Kanker Prostat. Hal ini, dilakukan untuk menambah pengetahuan kebutuhan masing-masing pegawai baik laki-laki maupun perempuan.

“KPKNL Purwakarta berkomitmen akan tetap dan melanjutkan perwujudan serta mendukung implementasi Pengarusutamaan Gender (PUG) di lingkungan KPKNL Purwakarta,” tutup Adriana. (teks: Seksi HI KPKNL, Foto: M. Faozan)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini