Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Pontianak
Kilas Peristiwa DJKN

Video Ucapan Imlek: Moment untuk Mengenalkan Budaya Tionghoa pada Masyarakat

Senin, 15 Februari 2021   |   207 kali

Pontianak – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak mempersembahkan sebuah video ucapan untuk memperingati Hari Imlek atau Chinese New Year yang diupload pada Media Sosial Kantor pada Jumat (12/2). Video ini merupakan bentuk apresiasi dari KPKNL Pontianak untuk masyarakat Tionghoa dan untuk mengusung salah satu budaya besar yang ada di Kalimantan Barat yaitu Tidayu atau Tionghoa, Dayak dan Melayu. Video yang berdurasi satu menit itu berisi ucapan selamat tahun baru serta doa dan harapan untuk tahun yang lebih baik. Doa dan harapan tersebut disampaikan oleh Kepala KPKNL Pontianak Indra Safri ditemani 2 (dua) pegawai yaitu Adit Ichsan Prasetyo dan Risha Erika Azizah. Bersama-sama mengucapkan Gong Xi Fa Chai, Xin Nian Kuai Le.

“Kita harus menghormati semua unsur bangsa, kita harus bisa mengedukasi keragaman dan memperkuat persatuan. Melihat mayoritas masyarakat di Pontianak adalah Tionghoa dan merayakan Imlek, saya tertarik untuk membuat video. Langsung bikin script dan siapkan pernak-pernik merah ala Imlek untuk hias bagian depan Kantor dan beruntungnya rekan-rekan di Kantor support dan mau bantu” jelas Papang Eko Nugroho, Sutradara sekaligus yang punya ide cerita untuk video ucapan tersebut.

“Pengambilan video pertama kali dilakukan di depan Kantor lalu berpindah ke Vihara Bodhissatva Karaniya Metta atau Vihara Tertua di Kota Pontianak yang terletak di Jalan Sultan Muhammad Kampung Darat Sekip, Pontianak Kota dan terakhir di Vihara Vajra Bumi Kertayuga yang terletak di Jalan Ahmad Yani II No.12, Sungai Raya, Kubu Raya, Pontianak. Pengambilan video berlangsung sekitar 2 (dua) jam. Talent terlihat sangat pro dan bisa diajak kerja sama meski saat pengambilan video cuaca sedang panas-panasnya.

“Panas banget, tapi seru juga bisa punya pengalaman dan punya foto-foto menggunakan Cheongsam” tutur Risha Erika yang merupakan satu-satunya talent wanita dalam video. Keseruan lainnya adalah ketika talent harus bisa mengucapkan Gong Xi Fa Chai, Xin Nian Kuai Le dengan aksen Mandarin dengan benar. Sementara itu, pengambilan video dan foto serta editing dilakukan oleh Tim dari Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Pontianak.

Selepas pengambilan video, semua pihak yang terlibat dari talent sampai tim kreatif menghabiskan waktu dengan bersantai membeli minuman segar untuk mengurangi rasa haus karena cuaca yang panas sambil mereviu dan melihat-lihat hasil shoot.

Di era digital modernisasi ini, tidak dapat dipungkiri bahwa bentuk apresiasi yang paling bisa dilirik masyarakat adalah melalui sebuah video yang kemudian dipublikasikan. Media yang menjadi publikasi KPKNL Pontianak adalah Sosial Media Kantor yaitu Instagram dan Facebook.

Video Memperingati Imlek dapat dilihat di:

https://www.instagram.com/p/CLLPU5KhYcn/?igshid=1uj7oazs7gzwh

 

(Tim HI KPKNL Pontianak)

 

Pengunggah : SISKA NADIA
Tanggal ditulis : Senin, 15 Februari 2021
Terakhir diedit : Senin, 15 Februari 2021
Foto Terkait Kilas Peristiwa
Kontak
Jl. Letjen Sutoyo No. 19 Pontianak - 78116
(0561) 735269
(0561) 741891
kpknlpontianak@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |