Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Input Data e-PUPNS dengan Cermat
N/a
Selasa, 13 Oktober 2015   |   705 kali

Pontianak - Pegawai dan pejabat Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak mengikuti sosialisasi pengisian aplikasi e-PUPNS, evaluasi capaian kinerja, dan pengumuman pegawai teladan untuk triwulan III tahun 2015. Kegiatan rapat dan sharing merupakan kegiatan yang secara rutin dilakukan oleh KPKNL Pontianak, baik itu untuk level eselon tiga dan empat, maupun gabungan antara pejabat dan pelaksana. Rapat pada Jumat (9/10) pukul 08.30 dilaksanakan di Aula KPKNL Pontianak. 

Pada  sosialisasi e-PUPNS, materi disampaikan oleh Deddi Irianto (kasubag umum) dan salah seorang stafnya Cahyanto Kabisatrio. Deddi Irianto menyampaikan bahwa pengisian e-PUPNS wajib dilakukan oleh setiap PNS yang masih aktif. Salah satu dasar hukum pendataan ulang PNS ini adalah Peraturan Menteri Keuangan No.933/2015 tanggal 3 September 2015. Selain melakukan registrasi ulang, setiap PNS juga harus melengkapi data-data yang diminta di dalam aplikasi. Ada sanksi bagi PNS yang tidak melakukan registrasi dan update data antara lain BKN tidak akan memberikan layanan terkait dengan kepegawaian, misalnya layanan mutasi.

Untuk fitur-fitur aplikasi epupns, materi dijelaskan oleh Cahyanto Kabisatrio, terdapat beberapa fitur yang harus diisi atau diperbarui antara lain data utama, data riwayat golongan, data riwayat pendidikan, data riwayat jabatan. Semua dokumen yang terkait dengan pengisian e-PUPNS ini harus disiapkan pada saat pegawai akan menginput data. Mengingat aplikasi epupns ini kadang mengalami down, diberikan waktu yang cukup lama untuk registrasi dan pengisian data sampai dengan 30 Nopember 2015. Sementara itu untuk verfikasi data yang akan dilakukan oleh verifikator diberikan waktu sampai dengan 31 Desember 2015.

Sementara itu untuk evaluasi capaian kinerja  meskipun sudah warna hijau pada Triwulan III ini, namun ada beberapa capaian yang masih merah, sehingga dalam paparannya Casrudin (Kasi Kepatuhan Internal) selaku manajer kinerja menyampaikan ini untuk menjadi perhatian. Pada kesempatan tersebut juga dijelaskan tentang berbagai hal terkait dengan capaian kinerja antara lain istilah-istilah yang masih kurang dipahami pegawai seperti proxy, maksimise, moderate. Dalam evaluasi kinerja ini juga disampaikan tentang rencana adanya acara penandatanganan pengendalian gratifikasi oleh eselon 3 yang disaksikan oleh pihak satker/ pengguna jasa.

Pada kesempatan yang sama, Samsuddin selaku kepala kantor memberikan arahan antara lain dalam menginput data agar dilakukan dengan cermat. Misalnya saja untuk pengisian diklat yang pernah diikuti, prioritaskan diklat yang sangat penting misalnya diklat prajabatan, diklat pim. Untuk capaian kinerja, dalam arahannya kepala kantor memberikan petunjuk agar memperhatikan target yang belum tercapai, juga jangan sampai capaian kinerja yang sepenuhnya di bawah kendali kita seperti serapan anggaran atau pekerjaan yang sifatnya administrasi  tidak dapat tercapai.

Pada akhir acara tersebut dilakukan pemberian piagam dan hadiah bingkisan kepada pegawai teladan triwulan III 2015 yaitu Muhamad Furqon pelaksana pada Seksi PKN. Pegawai teladan KPKNL Pontianak tersebut dengan rendah hati menyatakan bahwa sebenarnya masih banyak kekurangan bagi dirinya, sehingga menerima penghargaan sebagai teladan ini cukup berat dan bahkan sebenarnya secara pribadi merasa masih belum pantas. Pemilihan pegawai teladan triwulan III di KPKNL Pontianak telah dilakukan dengan prosedure dan kriteria yang ditentukan, antara lain NKP yang baik, berdasarkan pengamatan dan penilaian teman sejawat dan atasan, serta rapat oleh pejabat eselon 3 dan 4 yang dituangkan dalam berita acara.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini