Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Mencegah Itu Lebih Baik Daripada Mengobati
N/a
Jum'at, 13 Maret 2015   |   11521 kali

Pontianak – Mencegah lebih baik daripada mengobati. Semboyan itu mungkin  memang tepat bagi kita untuk dijadikan pedoman agar selalu menjaga kesehatan yang tidak ternilai harganya. “Dulu namanya Askes, sekarang berubah menjadi BPJS.” Sambutan itu diutarakan Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak Samsuddin pada acara sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di wilayah Kantor Cabang Pontianak. Acara bertempat di Aula KPKNL Pontianak pada Jumat 13 Maret 2015 pukul 09.00 WIB. Nara Sumber dari BPJS Kesehatan Cabang Pontianak yaitu Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Pontianak Unting Patri Wicaksono Pribadi didampingi stafnya Dea Eka Maghfirah. Acara tersebut dihadiri oleh seluruh pegawai KPKNL Pontianak.

Unting memaparkan mengenai BPJS dimulai dari dasar hukum, peserta BPJS, proses administrasi terkait pengobatan sampai dengan informasi mengenai rumah sakit dan dokter keluarga yang bekerja sama dengan BPJS di seluruh wilayah Pontianak. Azas BPJS ada 3 (tiga) antara lain kemanusiaan, manfaat dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Dari ketiga azas BPJS ini dapat diambil kesimpulan bahwa BPJS memang diciptakan untuk memberikan pelayanan kepada publik terutama masyarakat dengan penghasilan menengah ke bawah.

Tahapan kepesertaan BPJS ada 4 (empat) tahap. Keempat tahap ini mulai 01 Januari 2014 dan berakhir pada tahun 2019 dengan target seluruh penduduk Indonesia sudah terdaftar di BPJS. Dalam BPJS mengenal program Coordination of Benefit (CoB) yaitu kerjasama antara BPJS dan perusahaan asuransi komersil dalam hal pelayanan kesehatan guna meningkatkan kualitas standar pelayanan sesuai keinginan peserta BPJS. Hal ini tentunya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selain itu juga sempat diuraikan tentang program peserta baru dari non pegawai negeri (tenaga honorer).

Pada sesi tanya jawab, pegawai KPKNL Pontianak semangat mengajukan pertanyaan kepada Nara Sumber. Pada umumnya pertanyaan muncul dari pengalaman yang selama ini dialami oleh pegawai ketika menggunakan fasilitas kesehatan melalui BPJS, termasuk prosedur penggunaan program BPJS pada saat melakukan pengobatan. Diakhir acara Samsuddin mengucapkan terima kasih atas kesediaan waktu di sela-sela kesibukannya sebagai Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Pontianak. Semoga ke depannya BPJS semakin baik dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Indonesia. Mens sana in corpore sano. (penulis/foto:Seksi HI KPKNL Pontianak)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini