Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Mengembalikan BKPN Penyerahan BRI
N/a
Rabu, 05 Maret 2014   |   1202 kali

Pontianak - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara (KPKNL) Pontianak melaksanakan penyerahan Berkas Kerja Piutang Negara (BKPN) untuk tahap pertama bertempat di PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Pontianak pada 26 Februari 2014. BKPN yang diserahkan berjumlah 19 berkas/debitur dengan 31 sertifikat asli atas jaminan hutang, sementara untuk BKPN yang ada pada BRI Cabang Pontianak sendiri semuanya terdapat 57 BKPN aktif dan 122 BKPN Piutang Sementara Belum Dapat Tertagih (PSBDT) yang akan diserahkan secara bertahap. Untuk 19 BKPN yang diserahkan tersebut bersisa hutang Rp2,3 miliar. Pelaksanaan pengembalian ini baru mulai terealisasi Februari 2014 karena perlu dilakukan penelitian dan pencocokan data yang akurat dan disepakati serta butuh waktu. Pengembalian dilakukan oleh KPKNL Pontianak didampingi Kepala Bidang Piutang Negara Prastowo dan Kepala Bidang Kepatuhan Internal Sugeng Aprito Lestariadi Kantor wilayah Direktorat Jenderal Kekayan Negara Kalimantan Barat.

Dalam sambutannya, Kepala KPKNL Pontianak Samsuddin menyampaikan bahwa pengembalian BKPN ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Menteri Keuangan No.168/PMK.06/2013 sebagai pelaksanaan dari Putusan Mahkamah Konstitusi No.77/PUU-IX/2011. Hasil yang didapat dari pengurusan oleh KPKNL Pontianak selama ini memang belum terlalu memuaskan, kendati berbagai upaya telah dilakukan. Kepala KPKNL berharap agar penyelesaian piutang macet oleh PT BRI Cabang Pontianak selanjutnya dapat lebih cepat dan efektif. Secara formal memang tanggung jawab beralih ke BRI, namun Samsuddin menyampaikan apabila setelah pengembalian/penyerahan ini pihak BRI meminta informasi / penjelasan-penjelasan maka  KPKNL akan siap membantu.

Pada kesempatan yang sama Kepala PT BRI Cabang Pontianak Sutaryo menyampaikan ucapan terima kasih atas peran KPKNL yang selama ini telah membantu penanganan kredit macet. KPKNL/PUPN sudah menjadi mitra BRI sejak lama, sehingga akan terus bekerjasama dalam rangka pengembalian BKPN. Pada kesempatan tersebut ditandatangani Berita Acara Serah Terima BKPN dari kedua pihak. Menurut rencana pengembalian BKPN KPKNL Pontianak kepada pihak penyerah piutang ini ditargetkan selesai pada semester I tahun 2014. Penyerahan BKPN akan dilakukan secara bertahap.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini