Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
DJKN Goes to Campus Last Chapter: Siapkan Diri untuk Merespon Transformasi Digital
Siska Nadia
Kamis, 17 November 2022   |   95 kali

Pontianak – Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura (FH Untan) menjadi tempat pelaksanaan DJKN Goes to Campus Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak yang terakhir pada Tahun 2022. Kegiatan yang berkolaborasi dengan PT. BRI (Persero) Pontianak dan Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) Cabang Pontianak ini dihadiri oleh lebih dari 100 mahasiswa-mahasiswi FH Untan di Theater 5 FH Untan, Kamis (17/11). Kegiatan DJKN Goes to Campus disambut baik oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Untan, Edy Suasono. “Semoga kegiatan ini dapat memberikan motivasi dan transfer knowledge yang dapat menjadi bekal pengetahuan terkait masalah keuangan digital” harap Edy. Digital tentu mempermudah segalanya. Namun kita tetap harus waspada, ketahui bagaimana jaminan kerahasiaan data-data” lanjutnya.

Edward U.P. Nainggolan, Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat menyalurkan energinya melalui cerita dan pesan yang sangat memotivasi “menghadapi globalisasi ini kita harus memiliki integritas, nasionalisme dan skill. Salah satu skill yang harus dimiliki saat ini adalah literasi keuangan digital yang mumpuni. Kita wajib tingkatkan kapasitas dan keahlian karena nantinya kita akan bersaing dengan seluruh sarjana-sarjana di Indonesia. Ayo guncang dunia dengan keahlian yang kita miliki” jelasnya.

Sebagai ilmu, literasi keuangan digital akan jadi bekal dan juga investasi di masa depan. Pemahaman pertama disampaikan oleh Mokhamad Arif Setyawantika, Kepala KPKNL Pontianak terkait bagaimana pengelolaan keuangan dan kekayaan negara. “Bukan hanya tentang mengelola uang dan kekayaan negara, pengetahuan yang baik akan mampu membuat pengelolaan uang pribadi jadi meningkat dan bijak” ungkapnya. Pemahaman terkait ­e-auction juga disampaikan oleh Pelelang Ahli Muda KPKNL Pontianak, Budi Satrio. Materi yang disampaikan seputar Peraturan Menteri Keuangan Nomor 213/PMK.06/2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang. Mulai dari pengertian, asas lelang, jenis lelang, hingga aplikasi Lelang Indonesia.

Pemimpin Cabang PT. Askrindo Pontianak Danny Supriyanto Aditya menyampaikan bagaimana asuransi berprogres dan memasuki ranah digital sehingga layanan menjadi mudah dan efisien. “Transformasi ke arah yang lebih baik ini juga sebagai bentuk layanan yang berkesinambungan untuk mendukung perekonomian nasional” jelas Danny.

“Pengetahuan mengenai literasi keuangan tidak hanya mengacu pada pengelolaan uang secara personal saja. Dengan memahami tentang literasi keuangan, kita bisa memahami tentang lembaga perbankan yang kini telah jadi salah satu institusi esensial dalam memudahkan transaksi untuk kebutuhan sehari-hari” ucap Hermawan Sutrisno, Pemimpin Cabang PT. BRI (Persero) Pontianak saat membuka pemaparannya. Hermawan juga menjelaskan bagaimana IT Support pada PT. BRI (Persero) mampu memberikan jaminan perlindungan akan kerahasiaan data-data konsumen. 

Kegiatan yang berlangsung selama 3 jam ini sangat interaktif. Berbagai pertanyaan terkait implementasi, harapan ke depan, kendala hingga solusi terkait tranformasi keuangan digital menjadi pertanyaan mahasiswa-mahasiswi di FH Untan yang menjadi bahan diskusi dan membekali para generasi muda ini untuk mempersiapkan kondisi keuangan yang kuat di masa depan.

Sebagai informasi tambahan, Otoritas Jasa Keuangan telah merespon transformasi digital dengan mengeluarkan beragam peraturan untuk mendukung ekosistem digital pada sektor jasa keuangan di Indonesia. Namun, transformasi digital yang sukses membutuhkan kolaborasi berbagai pemangku kepentingan terutama Pemerintah, Civitas Akademika hingga Sektor Swasta agar bauran kebijakan yang ada dapat disinergikan dengan baik.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini