Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
DJKN Goes to Campus Chapter 2: Agent of Change untuk Memajukan Negara dengan Ilmu Literasi Keuangan
Siska Nadia
Selasa, 15 November 2022   |   99 kali

Banyak fenomena di Negeri ini yang membutuhkan peran generasi muda untuk memecahkannya. Salah satu permasalahan adalah minimnya pengetahuan untuk mengambil keputusan yang bijak dalam mengelola keuangan ucap Barkah, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura (FEB Untan) saat membuka Kegiatan DJKN Goes to Campus hari ini, Selasa (15/11).  “Misalnya saja pada anak-anak dan remaja, tingkat konsumsi yang tinggi dan tabungan yang rendah dapat menjadikan generasi yang konsumtif. Sedangkan pada orang dewasa, investasi bodong yang sudah merebak di masyarakat akan sangat merugikan masyarakat jika tidak dibekali dengan ilmu literasi keuangan yang baik” tambahnya.

“Mahasiswa-mahasiswi yang ada di hadapan saya adalah agent of change yang menjadi harapan besar bagi kemajuan bangsa. Menjadi kewajiban berbagai pihak baik Pemerintah, Lembaga Keuangan, maupun sektor swasta untuk dapat mewujudkan masyarakat Indonesia yang well literate, mampu menggunakan produk dan layanan jasa keuangan yang sesuai untuk mencapai kesejahteraan keuangan yang berkelanjutan” jelas Edward U.P Nainggolan, Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat dalam keynote speech yang disampaikan saat membuka kegiatan.

Kegiatan yang diisi oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak berkolaborasi dengan PT. BRI (Persero) Pontianak serta PT. Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) Cabang Pontianak ini mengedukasi lebih dari 100 mahasiswa-mahasiswi di FEB Untan terkait layanan transformasi digital. Okkie Rizqie Octora, Pemimpin PT. BRI KCP Husein Hamzah menjelaskan seputar issues, layanan digital saving serta berbagai keunggulan dan IT Support termasuk high security system pada PT. BRI (Persero). Hadir pula Danny Supriyanto Aditya, Pemimpin PT. Askrindo yang mengedukasi dan mengajak mahasiswa-mahasiswi untuk mengerti terkait pentingnya asuransi serta bagaimana transformasi PT. Askrindo dalam memberikan layanan yang berkesinambungan untuk mendukung perekonomian nasional.

Diawali dengan pengenalan Kementerian Keuangan, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara serta tugas dan fungsi pada KPKNL, Mokhamad Arif Setyawantika Kepala KPKNL Pontianak dan Pelelang Ahli Muda Budi Satrio mengisi kegiatan dengan membahas e-auction. Mengenalkan lelang pada platform lelang.go.id sebagai salah satu alat pemasaran/jual beli yang terpercaya sekaligus mengedukasi agar generasi muda dapat mengajak, menginformasikan kembali serta berhati-hati terhadap penipuan lelang yang marak terjadi di masyarakat.

Melihat antusias dari mahasiswa-mahasiswi adalah bagian yang paling menarik. Keaktifan mereka dalam bertanya dan menawar dalam kegiatan simulasi lelang telah menambah keseruan serta mampu menutup kegiatan DJKN Goes to Campus hari ini dengan bahagia.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini