Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
DJKN Goes to Campus Chapter 1: Mengapa Literasi Keuangan Digital itu Penting?
Siska Nadia
Senin, 24 Oktober 2022   |   221 kali

Pontianak – Kemampuan literasi keuangan digital bukan sekadar kebutuhan, namun telah menjadi lifestyle di era Revolusi Industri 4.0. Mendukung transformasi digital Indonesia, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak berkolaborasi dengan PT. BRI (Persero) Pontianak melaksanakan DJKN Goes to Campus di Politeknik Negeri (Polnep) Pontianak pada hari ini, Senin (24/10).

DJKN Goes to Campus merupakan kegiatan yang memfasilitasi generasi muda untuk mengembangkan diri, memahami potensi ekonomi Indonesia, serta berkontribusi dalam memajukan Negeri. Mengangkat tema ‘Literasi Keuangan Digital’, KPKNL Pontianak bersama PT. BRI (Persero) Pontianak hadir untuk membekali mahasiswa/i Polnep Pontianak pengetahuan dan keterampilan untuk menggunakan produk dan layanan keuangan digital.

“Pemanfaatan kecerdasan digital telah menjadikan beragam aktivitas menjadi lebih bermakna dan memudahkan, mengedepankan efisiensi dan efektifitas. Kecerdasan digital dengan pemanfaatan teknologi online telah mendisrupsi peradaban manusia dan ekonomi” diungkapkan Direktur Polnep Ir. H. Muhammad Toasin A., M.Si dalam opening speech kegiatan DJKN Goes to Campus.

Melalui keynote speech-nya, Kepala Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Barat Edward U.P Nainggolan memotivasi mahasiswa/i untuk terus menggali potensi, meningkatkan wawasan sebanyak-banyaknya agar kelak menjadi generasi muda yang cemerlang. “Saat ini, kita membutuhkan kemampuan literasi digital dan pola pikir teknologi agar dapat bersaing dengan yang lain. Pecahkan tantangan global, ciptakan peluang baru dengan memanfaatkan digitalisasi” ungkap pria yang biasa disapa Edo tersebut.

Materi pertama DJKN Goes to Campus diisi oleh Kepala KPKNL Pontianak Mokhamad Arif Setyawantika dan Pelelang Ahli Muda Budi Satrio. “KPKNL Pontianak sudah melaksanakan akselerasi pelayanan dengan lebih efektif dan efisien dengan memanfaatkan teknologi informasi, termasuk penggunaan instrument-instrumen keuangan digital” ungkap Ariftika.

Ariftika mengenalkan KPKNL beserta tugas dan fungsinya yaitu mengelola kekayaan negara dan piutang negara, melaksanakan penilaian dan lelang. Secara detail tentang lelang e-auction dijelaskan oleh Pelelang Ahli Muda Budi Satrio. Budi menjelaskan digitalisasi telah membawa lelang Indonesia kearah e-auction melalui platform lelang.go.id. “Lelang di Indonesia memiliki peran dalam perekonomian nasional, diantaranya membantu pemulihan keuangan negara, membantu penyelesaian Nonperforming Loan, serta menggandeng dan membantu UMKM untuk terus pulih dengan membuka sarana pemasaran yang lebih luas melalui lelang.

Materi kedua diisi oleh Pimpinan Cabang PT. BRI (Persero) Pontianak Hermawan Sutrisno. Hermawan menjelaskan bagaimana perubahan PT. BRI (Persero) yang semakin baik melalui digitalisasi. Beragam produk PT. BRI (Persero) telah hadir untuk menunjang kebutuhan serta memberikan kemudahan akses bagi para penggunanya. Kegiatan berlangsung dengan dipenuhi antusias para mahasiswa/i yang menceritakan pengalamannya mendapatkan layanan di Bank, penipuan menegatasnamakan Bank dan/atau KPKNL melalui Whatsapp juga pertanyaan-pertanyaan seputar perkembangan Perbankan di Indonesia saat ini.

Kegiatan DJKN Goes to Campus kali ini juga memberikan pengalaman bagi mahasiswa/i untuk mengikuti lelang melalui simulasi lelang konvensial. Meskipun lelang konvensial telah ditinggalkan dan pelaksanaan lelang sepenuhnya dilaksanakan melalui e-auction, namun kegiatan ini tidak kalah menarik. Banyak mahasiswa/i yang ikut melakukan penawaran secara lisan hingga tercapai harga tertinggi.

Menutup kegiatan, Host kegiatan DJKN Goes to Campus Jesica Deviana mengingatkan mahasiswa/i untuk senantiasa bijak dan berhati-hati terhadap berbagai jenis penipuan jasa keuangan yang telah marak karena tumbuhnya digitalisasi. (Sn) 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini