Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Field Evaluation ZI-WBK KPKNL Pontianak
Ferawati Anggraeni
Jum'at, 21 Oktober 2022   |   582 kali

           Predikat Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) merupakan gerbang awal dalam mewujudkan birokrasi yang bersih dan melayani. Mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani serta berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 426/KMK.01/2017 tentang Pedoman Pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM, KPKNL Pontianak berkomitmen untuk membangun ZI-WBK dalam memberikan pelayanan publik  yang optimal.

Pembangunan ZI menuju WBK dianggap sebagai role model Reformasi Birokrasi dalam penegakan integritas dan pelayanan berkualitas. Dengan demikian pembangunan ZI menuju WBK menjadi aspek penting dalam hal pencegahan korupsi. Dengan penuh semangat, seluruh pegawai PNS serta pegawai PPNPN KPKNL Pontianak bersama-sama menegakan integritas dalam memberikan pelayanan yang prima kepada para pengguna jasa.

Membangun ZI menuju WBK harus memperhatikan beberapa indikator yang harus dipenuhi, terdiri dari Komponen Pengungkit dan Komponen Hasil. Komponen Pengungkit yaitu Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia Aparatur, Penguatan Pengawasan serta Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Komponen Hasil merupakan fokus pelaksanaan reformasi birokrasi yang terdiri dari terwujudnya pemerintahan yang bersih dan bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) serta terwujudnya peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat.

Perjuangan KPKNL Pontianak untuk menjadi kantor berpredikat WBK diuji melalui field evaluation oleh Tim Penilai Kementerian (TPK) yang diselenggarakan pada Kamis (20/10). Kegiatan ini merupakan kegiatan one on one meeting antara unit kerja dengan TPK setelah dilakukan pendalaman terkait kegiatan pembangunan ZI yang telah dilakukan oleh unit kerja. Kegiatan field evaluation pada KPKNL Pontianak dilakukan secara daring.

Kegiatan field evaluation dimulai pukul 13.00 WIB, dibuka oleh TPK dan dilanjutkan dengan pemaparan oleh Kepala KPKNL Pontianak, Mokhamad Arif Setyawantika tentang bagaimana KPKNL Pontianak berjuang, berprogres hingga mampu memberikan layanan prima kepada seluruh pengguna jasa.

Kegiatan field evaluation selanjutnya adalah sesi tanya jawab. Bersama TPK, para pegawai menjelaskan secara aktif terhadap setiap pertanyaan yang diajukan. Menutup kegiatan, dilaksanakan Virtual Office Tour (VOT). Melalui VOT, harapannya TPK mendapat gambaran secara utuh bagaimana sarana dan prasarana, fasilitas untuk para pengguna jasa serta ruang kerja KPKNL Pontianak dengan berkonsepkan Activity Based Workplace (ABW) yang telah dibangun, disiapkan menyesuaikan kebutuhan dan kenyamanan para pengguna jasa serta pegawai di KPKNL Pontianak.

Di akhir kegiatan, Tim TPK menyampaikan apresiasi terhadap inovasi baik layanan maupun desain kantor. “Saya secara pribadi suka dengan desain KPKNL Pontianak, teruslah berkarya. Sukses selalu untuk KPKNL Pontianak” tutup Fajar Restu, salah satu TPK pada kegiatan field evaluation. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini