Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Bincang Hangat Sarat Manfaat
Siska Nadia
Kamis, 25 Agustus 2022   |   106 kali

Tugas pokok dan fungsi adalah sasaran utama atau pekerjaan yang dibebankan kepada organisasi untuk dicapai dan dilakukan demi mencapai visi, misi dan tujuan organisasi tersebut. Dalam rangka meningkatkan pemahaman mengenai tugas pokok dan fungsi (Tusi) Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL), Kepala KPKNL Pontianak, Mokhamad Arif Setyawantika menjadi Narasumber Bincang Pagi Biro Perencanaan dan Keuangan Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan untuk menjelaskan lebih rinci Tusi pada setiap unit di KPKNL pada Kamis (25/8).

Memulai kegiatan Bincang Pagi yang diselenggarakan melalui video conference ini, Ariftika menyampaikan Moto pada KPKNL Pontianak yang menjadi guidance dalam memberikan layanan terbaik yaitu ISTIMEWA (Integritas, Sinergi, Tawakal, Inovatif, Melayani, Efisien, Waspada, Amanah). KPKNL merupakan unit vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yang tersebar di 71 Kota/Kabupaten di Indonesia. Berdasar pada Peraturan Presiden Nomor 57 Tahun 2020, telah terjadi perubahan terminologi fungsi utama pada DJKN dari pengelolaan barang milik negara, kekayaan negara dipisahkan, kekayaan negara lain-lain, penilaian, piutang negara dan lelang menjadi pengelolaan kekayaan negara, penilaian dan lelang.

“Saat ini, struktur organisasi pada KPKNL berdasar pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 154/PMK.01/2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal DJKN terdiri dari 1 Subbagian dan 4 seksi yaitu Subbagian Umum, Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Seksi Piutang Negara, Seksi Hukum dan Informasi serta Seksi Kepatuhan Internal. Sedangkan Kelompok Jabatan Fungsional terdiri dari Kelompok Jabatan Fungsional Pelelang, Kelompok Jabatan Fungsional Penilai dan Kelompok Jabatan Fungsional Pranata Keuangan APBN” jelas Ariftika.

Lebih jauh, Ariftika menjelaskan secara rinci dan jelas Tusi dari Subbagian, setiap seksi dan kelompok jabatan fungsional. Bincang hangat yang diikuti lebih dari 100 peserta ini berlangsung dengan interaktif dan penuh antusias. Para pegawai beserta jajaran di lingkungan Biro Perencanaan dan Keuangan serta di KPKNL Pontianak bertukar pengalaman terkait suka dan duka dalam menjalankan amanah sebagai punggawa keuangan dan kekayaan negara, termasuk pengalaman berbagai inovasi dan kebijakan serta pengelolaan media sosial.

Di akhir kegiatan, Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan, Wiwin Istanti menyampaikan apresiasi kepada KPKNL Pontianak yang telah berbagi informasi mengenai seluk beluk pada KPKNL Pontianak. “Meskipun tidak bertatap muka secara langsung, dengan kemudahan video conference kita telah banyak belajar, mendapat ilmu dan cerita pengalaman teman-teman di KPKNL Pontianak dengan cara yang menyenangkan. Sukses terus untuk si ISTIMEWA dari Pontianak” pungkasnya. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini