Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Edukasi Pengarusutamaan Gender di Lingkungan Kanwil DJKN Kalimantan Barat
Siska Nadia
Rabu, 29 Juni 2022   |   90 kali

Pontianak – “Kesetaraan itu penting, tidak saling merasa inferior maupun superior satu sama lain. Hakikatnya laki-laki atau perempuan tercipta sama” ucap Ariftika, Kepala KPKNL Pontianak memulai pemberian edukasi Pengarusutamaan Gender (PUG) kepada seluruh jajaran di lingkungan Kanwil DJKN Kalimantan Barat pada hari ini, Rabu (29/6).

Dalam kegiatan rapat pembinaan yang dilaksanakan melalui virtual meeting tersebut, Ariftika memulai edukasi dengan memaparkan konsep gender dan PUG. “Konsep gender merupakan peran dan status yang melekat berdasarkan konstruksi sosial sedangkan PUG merupakan strategi untuk mencapai keadilan dan kesetaraan gender melalui kebijakan, program dan kegiatan yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan serta pemasalahan laku-laki dan perempuan dalam proses pemantauan dan evaluasi dari seluruh aspek kehidupan dan pembangunan” jelasnya. Selanjutnya dijelaskan bahwa dalam isu gender terdapat 4 aspek diskriminasi/kesenjangan yaitu: 1). Akses; kesempatan bagi laki-laki dan perempuan dalam memperoleh manfaat pembangunan, 2). Kontrol; peran laki-laki dan perempuan dalam menjalankan fungsi pengendalian atas sumber daya dan pengembilan keputusan, 3). Partisipasi; keikutsertaan laki-laki dan perempuan dalam suatu kegiatan/program, dan 4). Manfaat; peran laki-laki dalam menerima dan menggunakan hasil-hasil suatu kebijakan/program/kegiatan.

Implementasi PUG di Kementerian Keuangan diatur dalam Keputusan Menteri keuangan Nomor 807 Tahun 2018 tentang Pedoman Implementasi PUG di Lingkungan Kementerian Keuangan. Ariftika menjelaskan bahwa implementasi PUG harus memenuhi seperangkat komponen kunci yang selanjutnya disebut 7 prasyarat PUG, yaitu: Komitmen, Kebijakan, Kelembagaan, Sumber Daya, Data Terpilah, Alat Analisis dan Partisipasi Masyarakat.

Sebagai kantor yang sedang mewujudkan PUG, Ariftika menyampaikan bahwa kebijakan, program dan kegiatan termasuk sarana prasarana pada KPKNL Pontianak telah berspektif gender. Selanjutnya, Ariftika menyampaikan highlight kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh KPKNL Pontianak untuk mendukung PUG.

Mengakhiri kegiatan, Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat, Edward UP Nainggolan menyampaikan dukungan dan memperikan apresiasi atas usaha yang dilakukan oleh KPKNL Pontianak dalam implementasi PUG Tahun 2022. Edward juga membagikan cerita tentang nasionalisme, pengabdian dan keinginan untuk berkontribusi untuk negara ini.  

(Tim HI KPKNL Pontianak)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini