Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Gebyar Lelang UMKM dan Pencanganan Kedai Lelang UMKM Tahun 2022
Siska Nadia
Kamis, 24 Maret 2022   |   302 kali

Pontianak – Guna mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pasca Pandemi Covid-19 dan dalam rangka kegiatan 114 Tahun Lelang Indonesia, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) yang tersebar diseluruh Indonesia menyelenggarakan Gebyar Lelang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan menghadirkan Kompetisi dan Inovasi (Kedai) Lelang Produk Usaha Mikro Kecil Menengah UMKM Tahun 2022.

Gebyar Lelang UMKM dan Pencanganan Kedai Lelang UMKM dilaksanakan secara daring pada Kamis (24/03). Kegiatan dibuka dengan Laporan Pelaksanaan Direktur Lelang DJKN, Joko Prihanto dengan Keynote Speech Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Rionald Silaban. “Program pemberdayaan UMKM perlu dilakukan secara terarah dan terkoordinasi. Sinergi dan kontribusi aktif seluruh elemen Pemerintah menjadi kunci keberhasilan dalam mendukung UMKM dan meningkatkan perekonomian daerah. Gebyar Lelang UMKM dan Kedai Lelang UMKM merupakan salah satu wujud nyata Joint Programme pemberdayaan UMKM Kementerian Keuangan” ujar Rionald.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara melaksanakan virtual visit kepada 5 (lima) KPKNL dan 4 Balai Lelang untuk melihat bagaimana Gebyar Lelang UMKM dan Pencanangan Kedai Lelang UMKM Tahun 2022 berlangsung, salah satu KPKNL yang dikunjungi adalah KPKNL Pontianak. Dalam kegiatan ini, KPKNL Pontianak mempersembahkan sebuah lagu yaitu Sungai Kapuas yang mengisahkan rasa bangga dan cinta dengan Kota Pontianak khususnya objek wisata Sungai Kapuas.

Bincang santai dengan para Pelaku UMKM juga berlangsung untuk memeriahkan kegiatan Gebyar Lelang UMKM hari ini. Pelaku UMKM yang ikut serta diantaranya adalah PT. Arah Teknologi Indonesia dan Politeknik Negeri Pontianak, Pengusaha Keripik Iskandar, Pengusaha dari Produk Kosmetik Hadi Susanto dan Pengusaha Madu Kelulut Dede Purwansyah. Bincang santai dilaksanakan sebelum kegiatan bersama Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat, Edward UP Nainggolan serta Kepala KPKNL Pontianak, Mokhamad Arif Setyawantika. Para Pelaku UMKM dengan penuh antusias menjelaskan berbagai produk yang diikutsertakan dalam Gebyar Lelang UMKM.

Bersamaan dengan kegiatan, berlangsung pula lelang produk UMKM melalui platform lelang.go.id. Produk yang dilelang berupa makanan, aksesoris, kosmetik hingga lelang ikan Arwana dan Pesawat tanpa awak. Lelang berbagai produk UMKM nyatanya banyak diminati oleh masyarakat. Dari produk makanan, semua jenis madu dan keripik laku terjual. Ikan Arwana tidak kalah diminati. Dari 4 (empat) ikan Arwana, 3 (tiga) telah laku terjual termasuk Ikan Arwana super red. Tak mau kalah, produk kosmetik juga memiliki peminatnya sendiri. Para pemenang lelang diberikan kesempatan selama 5 (lima) hari kerja untuk melakukan pelunasan.

Membeli barang UMKM secara lelang bukan hanya membantu UMKM-nya, tapi juga berkontribusi untuk memulihkan ekonomi Negara. Lelang berkontribusi memulihkan dan mendorong bangkitnya pelaku UMKM Indonesia dari dampak pandemi Covid-19. 114 tahun lelang, pulih dan bangkit Bersama Lelang Indonesia.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini