Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Pontianak
Berita DJKN

Memperingati Hari Idul Adha 1442 H, KPKNL Pontianak Ber-Qurban

Selasa, 20 Juli 2021   |   108 kali

Pontianak – Dalam rangka memperingati Hari Idul Adha 1442 H, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak melaksanakan penyembelihan hewan kurban pada hari ini, Selasa (20/7). Hewan kurban tersebut merupakan partisipasi dari pegawai di lingkungan DJKN Kalimantan Barat. Adapun hewan kurban yang disembelih adalah 1 (satu) ekor sapi dan 7 (tujuh) ekor kambing. Penyembelihan hewan tersebut dilaksanakan di 3 (tiga) tempat terpisah, yaitu 1 (satu) ekor sapi dan 3 (tiga) ekor kambing di KPKNL Pontianak, 2 (dua) ekor kambing di Mesjid Nurul Huda yang terletak di Jalan Sumatera, Pontianak Selatan dan 2 (dua) ekor kambing di Surau Al-Huda yang terletak di Komplek Agatis Permai, Jl. Sei Landak Bar., Tj. Hulu, Pontianak Timur. Penyebaran hewan kurban di 3 (tiga) tempat ini untuk mengantisipasi keramaian yang mungkin terjadi. Sebelumnya, Parwoto dan Tim Panitia Kurban telah memastikan semua persiapan dan kesiapan penyelenggaraan kurban tetap dalam kondisi aman dan terkendali serta tertib dalam mematuhi aturan protokol kesehatan.

Dalam Islam, Ibadah kurban hukumnya sunnah muakkadah. Artinya, ibadah sunnah yang mendekati wajib. Beberapa ulama menyebut hukum kurban adalah wajib bagi yang mampu. Seperti disebut dalam HR. Tirmidzi dijelaskan bahwa kurban bisa meningkatkan pengorbanan untuk kepentingan agama Allah dan menenangkan jiwa. "Tidak ada amalan yang diperbuat manusia pada Hari Raya Qurban yang lebih dicintai Allah selain menyembelih hewan. Sesungguhnya hewan kurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulu, dan kuku-kukunya. Sesungguhnya sebelum darah qurban itu mengalir ke tanah, pahalanya telah diterima di sisi Allah. Maka tenangkan lah jiwa dengan berqurban.”

“Alhamdulillah, partisipasi serta kesadaran pegawai KPNKL Pontianak meningkat. Tahun ini bisa berkurban sebanyak 1 (satu) ekor sapi dan 7 (tujuh) ekor kambing. Tahun lalu kami tidak melaksanakan kurban di Kantor” tutur Parwoto Ketua Panitia Pelaksanaan Kurban di KPKNL Pontianak.

Penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan di KPKNL Pontianak dimulai pukul 09.30 WIB dan secara langsung disaksikan oleh Kepala Bidang, Kepala Seksi, beberapa perwakilan Pegawai serta Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) di lingkungan DJKN Kalimantan Barat. Daging hasil penyembelihan hewan kurban selanjutnya dikemas dan disalurkan kepada masyarakat sekitar dengan cara door to door, tidak mengundang masyarakat datang ke tempat. Hal ini sesuai dengan protokol pelaksanaan Kurban Tahun 2021. Pendistibusian daging untuk masyarakat tersebut selesai pada pukul 13.10 WIB. Diharapkan kegiatan kurban ini dapat membantu masyarakat terutama yang secara langsung terdampak pandemi.

Idul Adha adalah momentum yang tepat untuk berbagi dan berkurban. Kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian terhadap sesama. “Semoga kita dapat terus saling berbagi dan meningkatkan solidaritas agar dapat bertahan dan melalui pandemi ini bersama-sama” ucap Ferry Hidayat, Kepala Seksi Pelayanan Lelang sekaligus Panitia Kurban setelah selesai mengurus pendistribusian daging.

(Tim HI KPKNL Pontianak)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Letjen Sutoyo No. 19 Pontianak - 78116
(0561) 735269
(0561) 741891
kpknlpontianak@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |