Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Evaluasi Kinerja BMN dan Standar Barang Standar Kebutuhan (SBSK) pada 4 (Empat) Satuan Kerja di Kabupaten Sintang
Siska Nadia
Jum'at, 25 Juni 2021   |   303 kali

Sintang - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak mengadakan survey lapangan dalam rangka Evaluasi Kinerja BMN dan Evaluasi Standar Barang Standar Kebutuhan (SBSK) kepada 4 (empat) Satuan Kerja (Satker) di wilayah Kabupaten Sintang pada Selasa s/d Jumat, 22 – 25 Juni 2021. Survey lapangan dilaksanakan untuk memenuhi amanat Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 349/KM.6/2018 tentang Tata Cara Pelaksanaan Evaluasi Kinerja BMN dan Surat Edaran Direktur Jenderal Kekayaan Negara Nomor SE-3/KN/2019 tentang Tahapan Implementasi dan Mekanisme Perhitungan Nilai Indikator dan Prosedur Teknis Pelaksanaan Pengukuran Kinerja BMN bahwa Pengelola Barang melalukan evaluasi kinerja BMN sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam 5 (lima) tahun serta berpedoman pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 172/PMK.06/2020 tentang Standar Barang Standar Kebutuhan BMN untuk menunjang upaya meningkatkan efisiensi dan efektivitas BMN.

Evaluasi Kinerja BMN merupakan kegiatan evaluasi dengan tujuan untuk mengukur performa/kinerja BMN, untuk selanjutnya dibuat langkah-langkah strategis dalam rangka efisiensi, efektifitas dan optimalisasi pengelolaan BMN. Sedangkan SBSK merupakan batas tertinggi yang menjadi pedoman bagi Pengguna Barang/Kuasa Pengguna Barang dalam menyusun perencanaan kebutuhan pengadaan dan pemeliharaan BMN berupa tanah dan/atau bangunan dan selain tanah dan/atau bangunan.

Evaluasi Kinerja BMN dan Evaluasi SBSK oleh Tim Evaluasi dari KPKNL Pontianak kali ini dilakukan terhadap tanah dan/atau bangunan pada Satker Badan Pusat Statistik Kabupaten Sintang, Kantor Pertanahan Kabupaten Sintang, Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia Kabupaten Sintang dan Stasiun Meteorologi Kelas III Susilo – Sintang. Pada saat melaksanakan evaluasi dengan melihat langsung aset-aset pada keempat Satker tersebut, Tim Evaluasi disambut dengan sangat baik dan didampingi oleh Satker ke berbagai lokasi dimana aset-aset itu berada. Sinergi KPKNL Pontianak dengan Satker-satker ini telah terjalin dengan baik. 

Pengecekan dan pengukuran fisik secara langsung oleh Tim KPKNL Pontianak dilakukan untuk mengumpulkan data sesuai indikator yang dimuat dalam formulir pengukuran kinerja BMN yaitu berupa Indikator Kepentingan Umum, Manfaat Sosial, Kepuasan Stakeholder, Potensi Masa Depan, Kelayakan Finansial dan Kondisi Teknis. Selain sebagai optimalisasi kinerja BMN, juga sebagai bahan pertimbangan bagi pimpinan dalam mengambil keputusan untuk menentukan arah kebijakan dalam pengelolaan kekayaan Negara.

Berdasarkan survey lapangan diketahui bahwa keadaan aset berupa tanah dan/atau bangunan pada Satker berbeda-beda. Ada yang sudah dimanfaatkan sepenuhnya, ada juga beberapa rumah dinas yang sedang tidak dihuni karena adanya mutasi pegawai keluar dari instansi tersebut. Berbagai macam kondisi dapat ditemui, salah satunya pada Satker Stasiun Meteorologi Kelas III Susilo – Sintang, Kantor Stasiun Meteorologi sudah pindah sejak 2019 dari daerah Susilo ke daerah Tebelian, Sintang. Disampaikan oleh Kepala Stasiun Meteorologi Sintang, Supriyandi bahwa beberapa aset di Kantor lama akan diajukan penghapusan karena sudah tidak dimanfaatkan.

Selanjutnya, Tim Evaluasi juga mengecek kelengkapan administrasi seperti Surat Izin Penghunian juga sertifikat tanah. Satker juga menjelaskan beberapa kondisi lingkungan disana seperti sering terjadi banjir yang menyebabkan aset rusak. Informasi ini ditampung oleh Tim dan akan menjadi catatan sebagai informasi tambahan untuk mendapatkan analisis informasi kinerja yang tepat.

Selesai melaksanakan tugas survey lapangan, Tim Evaluasi dari KPKNL Pontianak tidak lupa mengucap rasa syukur dan terima kasih kepada Satker yang telah mendampingi, memberikan informasi dan mau berkoodinasi dengan baik selama ini. “Terimakasih atas bantuannya, kami sudah didampingi untuk mengunjungi, mengecek dan mengukur aset-aset pada Kantor Bapak, semoga kerja sama diantara kita selalu terjaga dengan baik. Apabila ada tambahan informasi atau ketidak jelasan pada pengelolaan BMN, kita bisa berkoodinasi meskipun via telpon” ucap Nisa Nur Arini, Tim Evaluasi KPKNL Pontianak yang sedang bertugas.

(Tim HI KPKNL Pontianak)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini