Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Pembangunan ZI Menuju WBK, KPKNL Pontianak Jadikan Momentum untuk Meningkatkan Mutu Layanan
Siska Nadia
Selasa, 19 Januari 2021   |   245 kali

Pontianak – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak menjadi salah satu Unit Kerja yang ikut serta program pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Tahun 2021. Mengawali tahun 2021, dalam rangka mewujudkan ZI menuju WBK di lingkungan kantor, KPKNL Pontianak melakukan kegiatan diantaranya adalah menyusun rencana kerja dan Tim Pembangunan ZI menuju WBK, memilih agen perubahan, hingga rapat internalisasi pencanganan pembangunan ZI menuju WBK. Hal tersebut dilakukan untuk menjamin efektivitas dan efisiensi akselerasi pelaksanaan pembangunan ZI menuju WBK.

WBK merupakan predikat yang diberikan kepada Unit Kerja oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) yang memenuhi kriteria dalam mengimplementasikan area perubahan program reformasi birokrasi serta telah mampu mencegah terjadinya korupsi, kolusi dan nepotisme. Area perubahan tersebut mencakup manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen sumber daya manusia, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja.

Dalam rangka mempersiapkan pembangunan ZI menuju WBK, KPKNL Pontianak melaksanakan rapat penyusunan rencana kerja sekaligus membentuk Tim yang diperlukan sebagai sumber daya dan dukungan manajemen. Rapat penyusunan rencana kerja melalui brainstorming menjadi wadah untuk menampung inovasi terbaik yang dapat diberikan kepada seluruh pengguna layanan. “WBK merupakan sebuah guidance untuk kita bekerja sesuai aturan sehingga tidak perlu dijadikan beban. Meskipun demikian, memang diperlukan sinergi antar kita (Pegawai) untuk membangun kepedulian, gotong royong untuk mencapai pencanangan yang maksimal” tutur Indra Safri saat pembukaan rapat berlangsung. Selanjutnya, Indra mengingatkan untuk senantiasa meningkatkan integritas, sinergi serta profesionalisme dalam melaksanakan tugas yang diemban.

Dalam membangun ZI menuju WBK, KPKNL Pontianak telah menyusun rencana konkret yang mengacu pada indikator penilaian pada area perubahan. Pada penyusunan rencana keja tersebut seluruh pegawai KPKNL Pontianak aktif berkontribusi dalam diskusi sehingga dapat mewadahi inovasi-inovasi yang dapat dilakukan oleh KPKNL Pontianak. Beberapa layanan akan dikembangkan sehingga layanan dapat diakses melalui internet oleh Pengguna Layanan mengingat kondisi saat inipun belum memungkinkan untuk banyak memberikan layanan dengan tatap muka. Salah satu inovasi yang dikembangkan  KPKNL Pontianak adalah dengan penggunaan Whatsapp Business. Boomingnya penggunaan Whatsapp untuk komunikasi masa kini seharusnya bisa lebih memudahkan para Pengguna Layanan untuk mendapatkan layanan juga informasi. Inovasi tak melulu aplikasi. Saat ini, KPKNL Pontianak sedang berupaya untuk memperbaiki sarana prasarana untuk memberikan layanan yang optimal, salah satu yang telah dilaksanakan adalah penguatan kualitas jaringan/wireless. Perbaikan juga penyempurnaan sarana prasarana ruang kerja dan ruang untuk Pengguna Layanan dalam proses peningkatan sehingga diharapkan pelayanan kepada Stakeholder dapat optimal.

Membangun ZI menuju WBK tidak akan terwujud tanpa pegawai yang berintegritas. Jadi sebelum membangun ZI, perlu ditanamkan nilai integritas yang tidak akan goyah dari pribadi pegawai Kementerian Keuangan sehingga KPKNL Pontianak  telah memilih agent of change untuk dapat membawa perubahan dan mengarahkan pegawai bekerja sesuai dengan nilai-nilai Kementerian Keuangan. “Ngopi Pagi” alias Ngobrol Perubahan Diri Pegawai Ponti adalah kegiatan yang di prakarsai oleh agen perubahan di KPKNL Pontianak yang harapannya kegiatan tersebut dapat memberikan energi positif bagi para Pegawai di KPKNL Pontianak dalam mengawali hari. Senin dan Jumat pagi adalah hari yang dipilih untuk pelaksanaan Ngopi Pagi. Pagi tadi, Ngopi Pagi pertama kali dilaksanakan, seluruh pegawai berantusias untuk berkumpul dan melakukan hal-hal yang santai tapi bermanfaat seperti menonton video inspiratif, kemudian membahas bersama-sama isi video tersebut. Tentu video yang ditayangkan adalah video yang menyemangati dan memotivasi diri untuk menjadi lebih baik untuk diri sendiri maupun untuk kantor. Pada waktu yang bersamaan, Kepala Kantor akan memberikan motivasi dan mengingatkan kepada seluruh pegawai terkait visi misi kantor, apa yang harus kita capai dan bagaiamana nilai integritas harus ada dalam diri setiap pegawai dengan bersikap jujur, tulus, dapat dipercaya, menjaga martabat dan tidak melakukan hal-hal yang tercela.Tidak menutup kemungkinan acara Ngopi Pagi dapat diisi dengan kegiatan yang berbeda dari tiap pertemuannya, seperti sharing knowledge dari para pegawai, atau evaluasi kinerja selama sepekan.

 

(Tim HI KPKNL Pontianak)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini